Mengenal Apa Itu Vertcoin (VTC) Cryptocurrency

Gambar Logo Vertcoin (VTC)

Vertcoin (VTC) adalah cryptocurrency yang dapat dikirim antar pengguna melalui jaringan internet. Sampai saat ini Vertcoin masih tetap setia dengan visi asli dari sebuah cryptocurrency, dimana sistem keuangan ini dimiliki sepenuhnya oleh penggunanya. Hal tersebutlah yang membuat Vertcoin disebut dengan “koin rakyat”.

Untuk membantu anda mengenali lebih lanjut lagi tentang Vertcoin (VTC) cryptocurrency. Pada artikel kali ini Budak Duit Indonesia dengan senang hati mengulasnya untuk anda para pembaca setia.

Apa Itu Vertcoin (VTC)?

Screenshot Website Vertcoin (VTC)
Screenshot Website Vertcoin (VTC)

Vertcoin adalah cryptocurrency open source terdesentralisasi yang dapat ditransfer peer-to-peer (P2P) di Internet. Vertcoin menggunakan bukti kerja (PoW) untuk mencapai konsensus terdistribusi.  Vertcoin didedikasikan untuk menjaga fungsi penambangannya terdesentralisasi, jadi bertentangan dengan kebanyakan koin PoW tahan ASIC.

Vertcoin dicap sebagai “koin rakyat”, karena tim  Vertcoin percaya bahwa perlawanan ASIC mengundang mata uang yang lebih adil dan demokratis bagi pengguna dan penambang. Algoritma Vertcoin dirancang untuk menahan pengembangan perangkat keras penambangan khusus dan penambangan multipool, memastikan bahwa transaksi divalidasi oleh jaringan yang didistribusikan secara luas dan menghindari tekanan jual ketika kumpulan penambangan besar membanjiri pasar tanpa pandang bulu dengan koin yang baru ditambang yang bisa mengakibatkan harga Vertcoin jatuh.

Tujuan Vertcoin

Vertcoin dibuat pada Januari 2014 dengan tujuan untuk membuat koin  yang menjunjung tinggi visi asli cryptocurrency: “sistem keuangan yang dimiliki dan dijalankan oleh penggunanya.”.

Vertcoin tercipta dari kejatuhan  dari Litecoin  yang didominasi penambangan ASIC dan pengembang melakukan soft fork dari Bitcoin (BTC). Cryptocurrency baru ini memungkinkan penambangan GPU, yang dapat dilakukan dari komputer pribadi atau laptop, dan menghentikan penambangan ASIC. Ini berarti bahwa alih-alih pertanian hashing besar memusatkan sistem dan menghasilkan keuntungan besar, pengguna individu dapat membantu menjalankan koin dan menghasilkan keuntungan mereka sendiri, meskipun lebih kecil.

Vertcoin bertujuan untuk memberi pengguna kendali atas uang mereka dengan cara yang sepenuhnya terdesentralisasi dengan menjadi cryptocurrency yang benar – benar tahan ASIC . Hingga saat ini, koin dan algoritme tahan ASIC telah gagal karena produsen ASIC hanya membangun sirkuit untuk menargetkan mereka, sehingga mustahil bagi mereka untuk melarikan diri. Namun, Vertcoin telah berjanji untuk melakukan hard fork  setiap kali ASIC dapat mulai menambang VTC. Ini berarti bahwa tidak akan menguntungkan secara finansial bagi penambang ASIC untuk mencoba dan menargetkan VTC karena mesin itu mahal untuk dibuat dan akan berhenti bekerja setelah garpu keras, yang berarti sangat sedikit keuntungan, atau kerugian. Sistem ini menjadikan Vertcoin salah satu koin paling tahan ASIC di pasar saat ini.

Tim Dibalik Vertcoin

Sebagai proyek sumber terbuka, siapa pun dapat membuat perubahan pada Vertcoin jika perubahan mereka disetujui oleh pengembang. Saat ini, Vertcoin dikelola oleh tim yang terdiri dari enam pengembang, yang pemimpinnya adalah James Lovejoy , seorang mahasiswa pascasarjana di Inisiatif Mata Uang Digital MIT. Meskipun muda, para pengembang ini berprestasi tinggi dengan banyak keahlian dan tim di sekitar mereka dengan banyak pengalaman; Inisiatif Mata Uang Digital MIT juga bertanggung jawab atas Jaringan Petir Bitcoin.

Fitur Vertcoin

Adapun beberapa fitur dari Vertoin yang ditawarkan kepada para penggunanya diantaranya adalah:

1-CLICK VERTCOIN MINER

Untuk menciptakan ekosistem penambangan yang sehat, Vertcoin tidak mengizinkan ASIC di jaringannya. Tim pengembangan berkomitmen penuh untuk menjaganya tetap seperti itu. Ini memastikan keamanan jangka panjang dan distribusi mata uang yang adil.

WEB WALLET

Vertcoin menyediakan dompet web sebagai cara mudah dan aman untuk menyimpan aset kripto anda maupun mengirim Vertcoin ke teman atau keluarga. Kontrol kunci pribadi Anda sendiri. Pedagang juga dapat menggunakan ini di tablet atau ponsel mereka untuk menerima pembayaran Vertcoin tanpa mengunduh aplikasi apa pun. Yang Anda butuhkan hanyalah internet.

ACTIVE DEVELOPERS & TEAM

Pengembang & tim utama Vertcoin terus bekerja untuk mengejar kemajuan dalam teknologi blockchain. Vertcoin memiliki komunitas open source tempat mereka berbagi info dan menerapkan fitur-fitur canggih. Fokus Vertcoin adalah agar selalu membangun hubungan yang kuat dengan pengembang blockchain lain & belajar-berbagi dengan orang lain.

SEGREGATED WITNESS

Diaktifkan pada Mei 2017. Tim percaya ini adalah pilihan terbaik untuk kelenturan transaksi. Ini meningkatkan batas ukuran blok Vertcoin dan memungkinkan penerapan solusi lapis kedua untuk peningkatan lebih lanjut.

LIGHTNING NETWORK

Lighthing Network menawarkan transaksi blockchain instan yang dapat diskalakan. Kami mengharapkannya untuk memungkinkan peningkatan besar dalam kapasitas jaringan dengan memindahkan sebagian besar transaksi dari Blockchain untuk pemrosesan cepat.

STEALTH ADDRESSES

Vertcoin selalu menjaga privasi dengan serius sehingga tim pengembangan kami sedang menguji & mengerjakan ‘Stealth Addresses’ yang memberikan privasi di buku besar publik.

ATOMIC CROSS-CHAIN

Cara terdesentralisasi untuk menukar Vertcoin Anda dengan yang lain. Lapisan untuk melintasi kedua blockchain (Contoh: Vertcoin & Litecoin atau Bitcoin) – Di mana Anda dapat menukar Vertcoin Anda dengan Litecoin atau Bitcoin (Atau sebaliknya) dengan lancar di dompet Anda. Ini adalah fitur The Lightning Network yang koin di LN akan dapat ditukar satu sama lain.

Cara Kerja Vertcoin

Seluruh shtick Vertcoin adalah bahwa cryptocurrency ini sepenuhnya menolak aktivitas penambang coin menggunakan perangkat keras ASIC untuk menambang di blockchain-nya.

Ketika Vertcoin pertama kali dimulai pada tahun 2014, ia menggunakan algoritma Scrypt-N untuk mencapai konsensus PoW-nya. Sejak itu, ASIC khusus untuk Scrypt-N telah muncul, sehingga tim Vertcoin harus memulai dari awal.

Ketika mereka melakukannya, mereka membuat algoritma Lyra2RE, melakukan forking Vertcoin pada 13 Desember 2014 untuk memperbarui perangkat lunak inti. Menurut whitepaper Lyra2RE , algoritme baru memungkinkan tim  “untuk mengubah penggunaan memori dan biaya waktu secara independen, memberi [mereka] lebih banyak pengaruh terhadap ASIC.”

Adapun penjelasan tim pengembang tentang resistensi ASIC Lyra2RE di whitepaper Vertcoin adalah:

“Tidak seperti Scrypt-N, biaya waktu dan biaya memori dipisahkan, memberi kami kontrol independen atas kedua parameter. ASIC jauh lebih mudah dikembangkan untuk Scrypt-N daripada untuk Lyra2RE karena meningkatkan faktor-N Scrypt hanya melibatkan melakukan lebih banyak iterasi dari algoritma. Di bawah Lyra2, sementara meningkatkan biaya waktu hanya melibatkan lebih banyak iterasi, meningkatkan kebutuhan memori berarti bahwa setiap perangkat ASIC potensial harus dirancang secara fisik dengan lebih banyak memori untuk setiap utas. Di masa depan, jika ASIC pernah dikembangkan untuk Lyra2RE, kami hanya perlu membayar kebutuhan memori yang lebih tinggi dan ASIC tersebut tidak akan berfungsi dengan baik lagi.”

Sejak menerapkan Lyra2RE, tim meningkatkan ke Lyra2REv2 dengan hard fork lain pada 10 Agustus 2015. Pembaruan ini diperlukan karena botnet telah mengambil kendali 50 persen dari kekuatan hashing jaringan.

Sejauh ini, Lyra2REv2 telah melakukan trik untuk mencegah penambang ASIC. Dengan demikian, satu-satunya perangkat keras penambangan yang layak adalah GPU atau CPU.

Seberapa Menguntungkan Menambang Vertcoin?

Siapapun dapat menambang VTC; namun, profitabilitas akan bervariasi tergantung pada berbagai faktor. Untungnya, mudah untuk menghitung seberapa menguntungkannya sebelum mulai menambang. Dengan memasukkan informasi ke dalam kalkulator penambangan whattomine , rumus bawaan dapat memperkirakan berapa banyak VTC, atau mata uang fiat yang setara , akan dibuat dalam ruang waktu tertentu.

Untuk menghitung profitabilitas penambangan VTC, pengguna harus memasukkan:

  • Tingkat hash mereka dalam KH/s: Ini dihitung dengan mengalikan tingkat hash dalam MH/s dengan 1000.
  • Konsumsi daya mereka dalam watt: Ini dapat diukur baik melalui kalkulator online, atau monitor konsumsi energi.
  • Biaya listrik dalam mata uang Anda per kWh: Ini tidak semua tentang uang masuk, dengan uang keluar juga menjadi faktor untuk perhitungan keuntungan. Ini bisa dicek di tagihan listrik.

Bagaimana Cara Menambang Vertcoin?

Dengan menggunakan program OCM, siapa pun yang memiliki laptop atau komputer di rumah dapat menambang VTC. Untuk memulai menambang, ada beberapa langkah yang harus dilakukan terlebih dahulu:

  • Periksa persyaratan kartu grafis: Sebelum mulai menambang, calon penambang harus memeriksa apakah mereka memiliki kemampuan yang diperlukan. Ini termasuk kartu grafis yang merupakan GPU AMD GCN 1.0 atau lebih tinggi, memiliki VRAM minimal 2GB, dan kemampuan komputasi 3.0 atau lebih tinggi. Spesifik lengkap dapat ditemukan di GitHub .
  • Pastikan kartu grafis mutakhir: Jika kartu grafis kedaluwarsa, ini dapat menyebabkan masalah saat menambang, membuatnya lebih lambat dan dengan demikian kurang menguntungkan.
  • Unduh program OCM: Untuk menambang, pengguna harus terlebih dahulu menginstal perangkat lunak yang diperlukan dari  halaman GitHub proyek . Penting untuk mengunduh versi terbaru untuk memastikan efisiensi maksimum dan mengikuti fork apa pun yang dibuat Vertcoin.
  • Buat kata sandi: Setelah program disimpan ke desktop, klik sekali (“Satu-Klik”) dan buat kata sandi. Ini penting karena akan diperlukan untuk masuk dan menarik aset.
  • Mulai menambang: Seorang pengguna sekarang dapat mulai menambang dan akan ditunjukkan dengan tepat berapa banyak VTC yang ditambang pada saat tertentu, serta berapa banyak VTC yang telah dibuat. Berapa banyak yang dibuat dalam satu menit akan tergantung pada kekuatan kartu grafis penambang. Selain itu, jika pengguna ingin mematikan komputer pribadi atau laptop, mereka harus menghentikan proses penambangan VTC dan memulai kembali ketika mereka me-restart komputer.
  • Menyimpan VTC: Setelah VTC ditambang, VTC akan disimpan secara otomatis di dompet VTC bawaan . Namun, jika pengguna ingin mengirim VTC mereka ke tempat lain, mereka dapat melakukannya dengan mudah dengan mengklik “kirim koin” dan memasukkan alamat tujuan dan kata sandi yang telah dibuat sebelumnya. Saat mengirim koin ke dompet lain, faktor yang perlu dipertimbangkan adalah biayanya. Setiap kali koin dikelompokkan bersama, mereka membutuhkan lebih banyak ruang di blok, yang dapat dikenakan biaya lebih tinggi.

Berapa Harga Vertcoin (VTC)?

Harga Vertcoin (VTC) hari ini saat artikel ini dibuat adalah $0,539521 USD. Di daftar peringkat situs CoinMarketCap, saat ini aset kripto Vertcoin (VTC) di peringkat ke 689 dengan nilai total kapitalisasi pasar sebesar $34.020,226 USD.

Adapun jumlah koin VTC yang sudah beredar adalah sebanyak 63.056.297 koin VTC dengan maksimal suplai koin yang dibatasi hanya sampai 84.000.000 koin VTC.

Saat ini harga Vertcoin (VTC) menjadi lebih aman dan stabil, nilainya bisa meningkat. Namun, dilihat dari stabilitas relatif harganya untuk waktu yang lama, serta kenaikan nilai yang singkat dan terbatas setelah percabangan yang sulit, tampaknya tidak mungkin VTC akan melihat lonjakan nilai. Karena itu, menjadi koin yang paling tahan terhadap ASIC di pasar akan berarti bahwa para investor yang ingin mendukung tujuan awal crypto akan pergi ke VTC. Selain itu, pasokan yang beredar saat ini 74% dari pasokan maksimum 84 juta koin, yang berarti bahwa koin terbatas yang tersisa dapat mendongkrak nilainya, jika ada cukup bunga.

Vertcoin tidak menunjukkan tanda-tanda akan pergi ke bulan , tetapi ini adalah koin tangguh yang terus meningkat dan akan menarik bagi semua pecinta kripto. Penawarannya sangat mulia dan jika bisa menarik minat, nilai VTC bisa naik.

Sekian dulu artikel dari Budak Duit Indonesia kali ini yang membahas tentang apa itu Vertcoin (VTC) Cryptocurrency. Semoga artikel kali ini bisa membantu dan menambah wawasan anda tentang dunia investasi cryptocurrency beserta aset koin-koin kripto yang ada di dalamnya. Terima kasih sudah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *