SuperRare (RARE): Marketplace NFT Untuk Karya Seni Digital

Gambar Logo SuperRare (RARE) Marketplace NFT

SuperRare (RARE): Marketplace NFT Untuk Karya Seni Digital – Aset Cryptocurrency RARE mengalami lonjakan harga yang signifikan setelah secara resmi terdaftar di Binance Exchange. Harga RARE meningkat 100% lebih yang semula seharga $1,36 ke sekitar harga $3,60.

RARE sendiri adalah token kelola yang digunakan pada platform SuperRare, sebuah marketplace NFY yang diluncurkan pada tahun 2018.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang platform marketplace NFT ini, anda bisa cek ulasannya di artikel berikut ini.

 

Apa Itu SuperRare (RARE)?

SuperRare adalah platform marketplace NFT dimana para seniman bisa memperjual belikan karya seni yang mereka ciptakan dalam bentuk Non-Fungible Token (NFT). Platform ini menjadi penghubung antara pencipta dan kolektor karya seni yang didukung oleh teknologi blockchain dan cryptocurrency.

Setiap karya seni di SuperRare dibuat secara otentik oleh seorang seniman di jaringan blockchain. Karya seni tersebut kemudian di cetak pada kontrak pintar sebagai sebuah NFT.

Setelah NFT berada di SuperRare, NFT dapat dibeli, dijual, atau bahkan ditampung sebagai investasi jangka panjang. Seniman dapat menempatkan kreasi mereka untuk proses penawaran bergaya lelang atau menjualnya dengan harga tertentu. Setelah NFT dijual ke pembeli, NFT dapat dijual kembali dengan harga berapapun di berbagai platform perdagangan NFT.

RARE adalah token tata kelola dengan standar token ERC-20 dari Ethereum dan menjadi token utama di platform ini.

 

Pencipta

SuperRare didirikan pada tahun 2017 oleh John Crain, Charles Crain, dan Johnathan Perkins dimana masing-masing berperan sebagai CEO, CTO, dan CPO. Mereka juga pendiri Pixura, perusahaan yang membangun teknologi koleksi kripto yang menjalankan SuperRare.

 

Apa Yang Membuat SuperRare Berbeda?

SuperRare adalah platform dimana pecinta seni digital dapat terhubung dan mengumpulkan apa yang mereka sebut dengan “koleksi sosial”. Ide dibalik SuperRare adalah keyakinan bahwa mengoleksi pada dasarnya bersifat sosial sehingga kolektor dan seniman harus dapat dengan mudah berinteraksi.

Di platform ini para pengguna dapat melihat siapa kolektor teratas dan artis yang sedang tren, berapa banyak karya yang telah mereka beli atau buat dan berapa banyak ETH yang telah mereka habiskan atau kumpulkan. Anda juga dapat melihat seni itu sendiri bersama dengan deskripsi dan sejarah pemiliknya.

Saat ini SuperRare telah mampu mencapai sesuatu yang langka di industri kripto, yaitu kasus penggunaan dan aktivitas nyata. Jaringan ini masuk dalam daftar sepuluh besar dalam nilai mingguan yang diperdagangkan untuk NFT bersama dengan nama-nama besar lainnya di dunia dapp Ethereum seperti CryptoKitties dan Gods Unchained.

Platform ini juga memungkinkan pencipta asli seni untuk mengumpulkan biaya dari harga jual kembali atau mirip dengan royalti. Setiap kali NFT dijual kembali, pembuatnya mendapatkan bayaran. Karena biaya diakumulasikan oleh seniman sebagai fungsi dari kode kontrak pintar, hal ini tentunya menjamin mereka mendapatkan royalti otomatis dari kreasi mereka.

Untuk penjualan pertama dari suatu karya seni baru, pencipta asli akan menerima 85% komisi sementara dan galeri akan menerima 15%. Untuk setiap penjualan setelah itu, pembuat konten menerima komisi 3%. Hingga saat ini, lebih dari 5.000 karya seni telah dibuat dengan biaya lebih dari $500.000 yang dikumpulkan oleh seniman di SuperRare.

Selain itu Mereka, hanya menerima seniman yang diundang, baru setelah itu mereka dapat membuat karya seni di platform. Untuk mendaftar bergabung dengan jaringan sebagai artis, Anda harus mengisi aplikasi dengan persyaratan bahwa semua karya seni yang dibuat untuk SuperRare harus asli, dibuat oleh Anda, digital, dan tidak boleh di-token di tempat lain di internet.

Semua transaksi harus dilakukan menggunakan Eter sehingga pengguna perlu membeli Eter, yang dapat dilakukan di bursa kripto apa pun . Untuk berinteraksi di platform SuperRare, pengguna harus terhubung dan menggunakan MetaMask.

 

Apa Itu Token RARE?

"Gambar

RARE adalah token ERC-20 yang diperkenalkan sebagai token tata kelola di platform SuperRare. Token ini memberikan kesempatan kepada komunitas, kolektor, dan seniman akan kemampuan untuk berkontribusi pada masa depan platform ini dengan mengatur parameter platform utama, ruang kurasi, mengalokasikan dana dari perbendaharaan komunitas, dan pemungutan suara pada usulan perbaikan jaringan dan protokol.

Total pasokan maksimal RARE adalah sebanyak 1.000.000.000 token. Adapun alokasinya adalah sebagai berikut:

  • 150 juta RARE sebagai airdrop retroaktif, didistribusikan ke komunitas inti seniman dan kolektor yang telah mem-bootstrap SuperRare ke platform seperti sekarang ini, yang dapat diklaim selama 90 hari.
  • 400 juta RARE sebagai Community Treasury yang akan dimiliki dan dioperasikan oleh pemegangnya. 25% tersedia saat peluncuran, sedangkan sisanya akan diberikan secara linier selama 4 tahun.
  • 255 juta RARE kepada kontributor inti di SuperRare Labs yang telah memainkan peran penting dalam mengembangkan platform SuperRare. Token tim tunduk pada vesting 3 tahun dengan tebing 6 bulan.
  • 145 juta RARE kepada investor yang berpartisipasi dalam putaran pendanaan SuperRare sebelumnya. Token investor tunduk pada vesting 3 tahun dengan tebing 12 bulan.
  • 50 juta RARE untuk mitra strategis dan kontributor masa depan untuk jaringan SuperRare. vesting minimum 6 bulan setelah alokasi.

 

Harga dan Tempat Untuk Mendapatkan Token SuperRare (RARE)?

Pada saat artikel ini dibuat harga dari token RARE adalah $0.665977 USD dengan volume perdagangan 24 jam sebesar $20.920.961 USD.  SuperRare (RARE) berada di urutan ke-506 dalam daftar peringkat cryptocurrency di situs CoinMarketCap dengan nilai kapitalisasi pasar $67.767.324 USD.

Adapun jumlah token RARE yang sudah beredar sebanyak 101.756.228 token dari total suplai maksimal 1.000.000.000 token RARE.

Jika anda tertarik untuk membeli token ini, saat ini RARE tersedia dan bisa didapatkan di UniSwapV3, LBank dan Gate.io.

Sekian dulu artikel dari Budak Duit Indonesia kali ini yang membahas tentang apa itu SuperRare (RARE). Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda untuk menemukan cryptocurrency terbaik pilihan anda.

Terima kasih sudah membaca.