Mengenal Apa Itu Reksadana Jarvis Balanced Fund

Ulasan Singkat Jarvis Balanced Fund

Jarvis Balanced Fund merupakan salah satu reksadana campuran yang memiliki kinerja sangat baik di tahun 2021. Reksadana ini mampu mencatatkan kenaikan hingga lebih dari 100% di tahun tersebut. Hal tersebut tentunya membuat banyak investor reksadana yang penasaran dan ingin mengenal lebih jauh lagi tentang reksadana yang dikelola oleh Jarvis Asset Management.

Untuk membantu anda mengenal lebih jauh lagi tentang Jarvis Balanced Fund, anda bisa cek ulasannya di artikel berikut ini.

 

Apa Itu Jarvis Balanced Fund?

Jarvis Balanced Fund adalah salah satu produk reksadana campuran yang dikelola oleh Jarvis Asset Management. Reksadana campuran sendiri adalah dimana dana yang telah dihimpun akan dialokasikan ke beberapa instrumen investasi seperti pasar uang, obligasi dan saham.

Reksadana Jarvis dikelola untuk mengembalikan return keuntungan yang didapatkan oleh para investor jangka panjang. Hal ini dicapai melalui melalui campuran ekuitas, obligasi dan surat berharga pasar uang. Selain ini dana yang dihimpun akan dikelola oleh Manajer Investasi profesional, diversifikasi investasi, tinggi likuiditas, cocok untuk berbagai tujuan keuangan dan transparansi informasi.

 

10 Tops Holdings

Adapun top holding atau detail dan spesifik mengenai instrumen yang diinvestasikan oleh Jarvis Asset Management pada reksadana campuran Jarvis Balanced Fund berdasarkan data dari Fund Factsheet periode 25 Februari 2022 adalah sebagai berikut:

  1. PT Adaro Energy, Tbk
  2. PT Adaro Minerals Indonesia, Tbk
  3. PT Adi Sarana Armada, Tbk
  4. PT AKR Corporindo, Tbk
  5. TD – Bank Ina Perdana, Tbk
  6. PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk
  7. TD – Deutsche Bank
  8. PT Erajaya Swasembada, Tbk
  9. PT Indika Energy, Tbk
  10. PT Merdeka Copper Gold, Tbk

Reksadana campuran jarvis mengalokasikan 72% dana investasi ke instrument saham, 26,4% ke pasar uang dan 1,6% sisanya ke obligasi.

 

Profile Bank Kustodian

Deutsche Bank AG didirikan berdasarkan hukum dan peraturan Republik Federal Jerman, berkedudukan dan bermarkas di Frankfurt am Main, Republik Federal Jerman. Didirikan pada tahun 1870, hari ini Deutsche Bank AG telah berkembang menjadi salah satu lembaga keuangan terkemuka di dunia dengan layanan perbankan kelas satu yang luas dan terintegrasi.

Di Indonesia, Deutsche Bank AG memiliki 1 kantor cabang di Jakarta. Jumlah total karyawan di Indonesia dan memiliki 211 karyawan, dimana sekitar 84 diantaranya merupakan karyawan berpengalaman di bawah kustodian departemen.

Deutsche Bank AG Cabang Jakarta telah mendapat persetujuan sebagai Kustodian di bidang Pasar Modal berdasarkan tentang Keputusan Ketua Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan Nomor Kep-07/PM/1994, tanggal 19 Januari 1994. Dengan demikian Deutsche Bank A.G. Cabang Jakarta adalah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

 

Bagaimana Cara Berinvestasi Pada Jarvis Balanced Fund?

Penulis sendiri telah membeli dan memiliki aset pada reksadana campuran Jarvis menggunakan aplikasi Bibit. Anda hanya perlu mendownload aplikasi Bibit di Google Playstore ataupun App Store lalu melakukan registrasi di platform investasi reksadana ini.

Jika sudah masuk ke aplikasi, anda bisa menuju kolom pencarian atau ‘search‘ lalu cari ‘Jarvis Balanced Fund‘. Setelah itu lakukan pembelian dengan metode pembayaran yang anda ingin gunakan (Gopay, Linkaja, Shopee Pay, Transfer Bank, Bank Jago dan sebagainya).

 

Apakah Berinvestasi Pada Jarvis Balanced Fund Menguntungkan?

Menurut opini dari penulis, membeli Jarvis Balanced Fund bisa dibilang sangat menguntungkan, apalagi jika anda membelinya sebelum bulan juli 2021 kemarin. Seperti yang kita ketahui dari grafik harganya, reksa dana campuran ini mengalami kenaikan yang signifikan pada bulan tersebut. Hal ini bisa terjadi karena dikelola oleh MI yang profesional. Saat market sedang turun mereka memperbesar alokasi di instrumen investasi pasar uang dan pada saat market bergerak naik, perlahan-lahan beralih ke saham.

Secara umum reksadana campuran Jarvis sampai awal april 2022  masih mencatatkan tren kenaikan investasi yang positif.

Akan tetapi perlu diingat investasi reksadana campuran ini memiliki resiko yang sedang, jadi masih ada resiko untuk mengalami kerugian. Akan tetapi jika anda termasuk investor jangka panjang, bisa jadi Jarvis Balanced Fund cocok untuk anda, karena memang investasi ini dirancang untuk memberikan return jangka panjang.