Pengertian Token Sintesis

Pengertian Token Sintetis

Dalam perjalanan anda dalam menggeluti dunia cryptocurrency ataupun blockchain pasti anda akan menemukan istilah ‘Token Sintetis’. Oleh karena itu untuk membantu anda memahami pengertian akan Token Sintetis, pada artikel kali ini Budak Duit Indonesia sudah merangkum artikelnya untuk anda para pembaca setia.

Apa Itu Token Sintetis?

Pengertian dari token sintetis adalah token yang didukung jaminan yang nilainya berfluktuasi tergantung pada indeks referensi token. Token sintetis memadukan fitur pasar prediksi, pasar berjangka, dan pinjaman yang dijaminkan.

Beberapa contoh token sintetis meliputi:

  • Aset dunia nyata sintetis (misalnya: emas atau harga saham Tesla)
  • Aset kripto lintas rantai sintetis
  • Melacak token untuk berbagai indeks yang tidak dapat diperdagangkan

Beberapa ide paling kreatif untuk token sintetis termasuk dalam kategori terakhir. Lihat diskusi di Discord untuk lebih banyak ide proyek seperti:

  • Token yang melacak penggunaan proyek DeFi di masa mendatang (mis. aset yang dikunci di Uniswap)
  • Token yang melacak jumlah unduhan ekstensi Chrome (mis. Metamask)
  • Token yang melacak keberhasilan ide perdagangan di r/WallStreetBets

Dengan mengubah pengidentifikasi harga dari token sintetis yang tak ternilai, Anda dapat membuat token sintetis yang berperilaku seperti versi token dari turunan lainnya, seperti opsi.

Apa Itu Token Sintetis Tak Ternilai?

Token sintetis yang tak ternilai adalah token sintetis yang dijamin dengan aman tanpa umpan harga on-chain. Token ini dirancang dengan mekanisme untuk memberi insentif kepada sponsor token (mereka yang membuat token sintetis) untuk menjamin posisi mereka dengan benar. Mekanisme ini mencakup proses likuidasi dan perselisihan yang memungkinkan individu yang menjalankan bot likuidator diberi imbalan karena mengidentifikasi posisi sponsor token yang dijaminkan secara tidak benar.

Untuk memastikan bahwa imbalan untuk likuidasi dan perselisihan adalah ekonomis (yaitu sepadan dengan biaya gas/transaksi untuk likuidasi atau perselisihan), penyebar templat kontrak keuangan ini dapat menetapkan ukuran sponsor minimum.

Ini adalah jumlah minimum token yang harus dibuat oleh sponsor token terhadap kontrak. Tindakan apa pun yang akan mengurangi posisi sponsor token hingga di bawah ambang batas ini tidak diizinkan dan akan dikembalikan.

Ini termasuk likuidasi parsial yang membuat posisi sponsor lebih kecil dari ukuran minimum, penukaran token yang membawa posisi di bawah ukuran minimum, dan pembuatan posisi baru yang meminta untuk mencetak lebih sedikit dari jumlah minimum token.

Sekian dulu artikel dari Budak Duit Indonesia kali ini yang membahas tentang sebuah artikel yang berjudul “Pengertian Token Sintetis”. Semoga artikel kali ini dapat membantu untuk menambah wawasan anda lebih jauh lagi tentang dunia cryptocurrency dan teknologi blockchain. Terima kasih sudah membaca

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page