Mengenal Metaverse Dan 5 Proyek Cryptocurrency Metaverse Terbaik

Mengenal Metaverse Dan 5 Proyek Cryptocurrency Metaverse Terbaik

Pergantian nama yang dilakukan oleh raksasa media sosial Facebook menjadi Meta, seakan-akan menyatakan arah baru perkembangan internet dan teknologi di masa depan nanti. Selain itu di awal tahun 2021 ini Epic, selaku pembuat game multiplayer online Fortnite, mengumpulkan dana $1 miliar yang menunjukkan bahwa investor bersedia menginvestasikan banyak uang untuk pengalaman online yang imersif.

Apa yang terjadi pada Facebook dan Epic tentunya membuka kembali bawah Metaverse akan menjadi kata kunci terbesar dalam teknologi dan setiap investor menginginkannya. Tapi apa sebenarnya metaverse itu? Apakah ini hanya tentang kacamata VR dan bermain game? Apakah sudah benar-benar overhyped? Dan apa saja peluang menghasilkan uang yang besar di dalamnya?

Oleh karena itu Budak Duit Indonesia kali ini akan membantu anda untuk mengenal apa itu Metaverse dan 5 proyek cryptocurrency metaverse terbaik.

Apa Itu Metaverse?

Penulis fiksi ilmiah Neal Stephenson dalam bukunya di tahun 1992, yaitu Snow Crash, ia menggunakannya dan mengartikan “Metaverse” sebagai alam semesta yang dihasilkan komputer. Secara umum dipahami sebagai dunia virtual bersama yang sangat mendalam di mana orang berkumpul untuk bermain game, bersosialisasi, bekerja dan beberapa aktivitas lainnya yang biasa sering dilakukan di dunia nyata.

Konsepnya sebenarnya tidak baru. Kembali di awal 2000-an ada banyak pelopor metaverse, termasuk Second Life (diluncurkan oleh Linden Lab pada tahun 2003) dan Habbo Hotel, yang dibuat oleh Sulake dari Finlandia.

Secara garis besar, teknologi yang membentuk metaverse dapat mencakup virtual reality yang ditandai dengan dunia virtual persisten yang terus ada bahkan saat anda tidak sedang bermain, serta augmented reality yang menggabungkan aspek dunia digital dan fisik. Namun, itu tidak mengharuskan ruang tersebut diakses secara eksklusif melalui VR atau AR. Dunia virtual, seperti aspek Fortnite yang dapat diakses melalui PC, konsol game, dan bahkan ponsel juga dapat bersifat metaversal.

Apa Hubungan Metaverse Dan Cryptocurrency?

Dari penjelasan sebelumnya, secara garis besar dunia Metaverse memungkinkan orang untuk bekerja, berbelanja, berolahraga, berbisnis, membeli tanah, atau bahkan membuat karya seni di lingkungan virtual.

Tetapi seperti kegiatan dunia nyata pada umumnya, di dunia metaverse setiap kegiatan ekonomi tentunya membutuhkan mata uang, yang juga merupakan ekonomi virtual yang sepenuhnya imersif, membutuhkan cara pembayaran. Karena aktivitas dan interaksi di dunia maya semua dilakukan melalui avatar pengguna, tidak mungkin bertransaksi dalam mata uang fiat (mata uang kertas tradisional).

Jadi bagaimana seseorang membeli tanah atau sebuah karya seni? Di sinilah cryptocurrency masuk.

Beberapa metaverse sudah menggunakan cryptocurrency sebagai bentuk pembayaran. Penggunaan cryptocurrency membuat semua transaksi virtual menjadi spontan, dan teknologi blockchain yang mendukungnya membuat transaksi menjadi sangat aman dan juga dapat dipercaya.

Lalu ada aset digital dapat dimiliki melalui token non-fungible (NFT) yang tidak lain adalah token kriptografi di mana detail kepemilikan aset virtual dikodekan. NFT bahkan bisa dalam bentuk seni digital, properti dalam game apa pun, dll.

5 Proyek Cryptocurrency Metaverse Terbaik

Berikut ini adalah 5 proyek Metaverse terbaik, yang tentunya aset cryptocurrency dari proyek tersebut sangat menarik dan menguntungkan untuk dijadikan investasi jangka panjang.

1. Decentraland (MANA)

Logo Decentraland (MANA)
Logo Decentraland (MANA)

Decentraland adalah platform realitas virtual di mana pengguna dapat membeli, menjual, dan mengelola properti virtual yang disebut LAND dan NFT lainnya menggunakan MANA cryptocurrency asli (berdasarkan blockchain Ethereum). MANA dapat dibeli di bursa seperti WazirX. Sejak rebranding Facebook menjadi Meta, harga MANA telah meningkat lima kali lipat.

Didirikan pada tahun 2015 sebagai realitas 2D yang kemudian berkembang menjadi dunia 3D, Decentraland memiliki lebih dari 90.000 bidang tanah yang dapat dibeli dengan token asli MANA di pasarnya. Beberapa hari yang lalu, sebuah perusahaan investasi Kanada yang berfokus pada keuangan terdesentralisasi (DeFi) bernama Tokens.com membeli tanah virtual senilai hampir $2,5 juta di platform Decentraland.

Decentraland juga memperluas ruang NFT dengan galeri seni di mana pengguna dapat membeli dan menjual karya seni dan bahkan berinteraksi langsung dengan para seniman. Ia juga baru-baru ini bermitra dengan Sotheby, salah satu pelelang terbesar di dunia. Banyak penjualan yang menggiurkan telah terjadi di dalam galeri virtual ini, seperti penjualan 914 Wonder Woman NFT dari mantan komikus DC, Jose Delbo, seharga $1,85 juta, menurut sebuah laporan oleh Data Driven Investor.

Decentraland didukung oleh lebih dari 20 investor dan dilaporkan memiliki kepercayaan yang dibuat oleh Grayscale dengan lebih dari 20 juta token MANA terkunci di dalamnya, per investor yang digerakkan oleh data.

2. Sandbox (SAND)

Logo The Sandbox (SAND)
Logo The Sandbox (SAND)

Sandbox, permainan untuk mendapatkan metaverse, memungkinkan pengguna untuk membeli dan menjual tanah dan aset lainnya menggunakan cryptocurrency SAND. Sandbox Alpha diperkirakan akan diluncurkan pada 29 November. Diharapkan memiliki sekitar 5.000 game pada akhir tahun 2021 dengan dana dari Sandbox Foundation.

Sandbox memiliki salah satu pasar NFT yang paling banyak diperdagangkan di luar angkasa. SAND memiliki total pasokan hampir $3 miliar dengan sekitar 900 juta yang beredar. Ia telah bermitra dengan Skybound Entertainment (perusahaan di balik pertunjukan The Walking Dead), Big Fan (proyek esports), Ubisoft, dan bahkan Snoop Dogg. Sandbox juga baru-baru ini didukung oleh SoftBank, salah satu perusahaan investasi terbesar di dunia, dengan putaran pendanaan $93 juta.

Sandbox bertujuan untuk menjadi lebih dan telah memulai integrasi dengan Polygon yang lebih hemat energi selain membeli kredit karbon, antara lain, menurut laporan oleh datadriveninvestor.

3. Axie Infinity (AXS)

Logo Axie Infinity (AXS)
Logo Axie Infinity (AXS)

Game blockchain berbasis NFT, pemain dapat membeli, menjual, dan memperdagangkan Axies, monster kartun gim yang dapat mereka gunakan untuk bertarung dengan orang lain. Dibuat oleh Sky Mavis, sebuah perusahaan yang berbasis di Vietnam, game ini menawarkan pertarungan antara tim yang terdiri dari tiga Axies. Setiap Axie mendapatkan kekuatannya dari jenisnya (tanaman, burung, serangga, dll.) dan bagian tubuhnya. Untuk membuat Axies baru, pemilik yang ada harus membelanjakan mata uang yang diperoleh dalam game untuk ‘membiakkan’ monster Axie. Penghasilan dapat dijual di pasar terbuka dengan uang sungguhan.

Proses delapan langkah yang dijelaskan dalam panduan online perusahaan melibatkan pengunduhan tidak hanya satu tetapi dua dompet kripto; membeli dan menyetorkan Ethereum ke blockchain milik perusahaan; dan membeli setidaknya tiga Axies, di antara tugas-tugas lainnya, per laporan Verge.

Axie juga melihat penjualan sebidang tanah virtual di game Axie Infinity NFT dengan rekor harga $2,4 juta (550 ether). Plotnya adalah bagian dari jenis tanah “Genesis”, yang oleh Axie Infinity digambarkan sebagai “sangat langka.” Tanah Genesis terletak di tengah peta Axie Infinity dan dibatasi pada 220 plot, sebuah laporan oleh blockcrypto menunjukkan. Pada bulan Februari, sembilan bidang tanah di Axie Infinity dilaporkan terjual lebih dari 888 ETH (sekitar $1,5 juta pada saat itu dan hampir $4 juta pada harga saat ini).

Sejak rebranding Facebook sebagai Meta, harga cryptocurrency metaverse telah meningkat. Semua token kripto metaverse dapat dibeli di platform WazirX.

4. Star Atlas (ATLAS)

Logo Star Atlas (ATLAS)
Logo Star Atlas (ATLAS)

Star Atlas memungkinkan orang menjelajahi ruang ekstra-terestrial virtual di mana mereka dapat menggunakan pesawat ruang angkasa yang disesuaikan untuk mengakses metaverse yang sangat unik, membuat dunia virtual mereka sendiri, dan membuat atau bergabung dengan faksi. Aktivitas dalam game ini diaktifkan oleh token ATLAS Metaverse pada blockchain Solana, yang jauh lebih murah, lebih cepat, lebih aman, dan bahkan lebih skalabel daripada blockchain Ethereum.

ATLAS juga dapat digunakan untuk mendapatkan mata uang dalam game yang disebut POLIS, yang dapat menjadi aspek yang mengganggu bagi sebagian orang, tetapi juga memungkinkan orang untuk hidup secara virtual melalui pengalaman tambahan yang diaktifkan melalui POLIS.

Ada sejumlah kripto lain yang terkait dengan beberapa platform virtual atau metaverse.

Metaverse dan cryptocurrency bekerja dalam hubungan erat dan membuka kemungkinan besar pengalaman yang hanya dapat dijalani secara virtual. Platform blockchain tidak hanya menambahkan keamanan dan keselamatan untuk transaksi digital tetapi juga membuka konsep kepemilikan virtual aset, yang sebelumnya merupakan arena yang kurang dieksplorasi.

Namun, mengingat platform ini masih dalam masa pertumbuhan, pengguna harus berhati-hati karena kebanyakan dari mereka tidak diatur.

5. Enjin Coin (ENJ)

Logo Enjin Coin (ENJ)
Logo Enjin Coin (ENJ)

Enjin adalah platform yang memungkinkan orang membuat dan mengelola NFT mereka. Ini terintegrasi dengan beberapa platform game dan memungkinkan pemain untuk menggunakan item di beberapa game, atau menjualnya di pasar.

Enjin Coin (ENJ) adalah koin yang mewakili nilai di jaringan Enjin, dengan setiap aset di platform diberi nilai dalam ENJ. ENJ memiliki pasokan yang beredar sekitar 835 juta dari 1 miliar koin ENJ yang akan dicetak secara total. Lonjakan baru-baru ini telah membuatnya masuk ke daftar 75 cryptocurrency teratas berdasarkan kapitalisasi pasar. Dengan munculnya token bertema meta yang diperkirakan akan terus berlanjut, 50 teratas cryptocurrency berdasarkan nilai kapitalisasinya.

Dengan token asli ENJ memungkinkan orang-orang untuk memperjualbelikan aset-aset digital mereka seperti item game, aset virtual, karya seni digital dan sebagainya dalam benton token NFT menjualnya atau menukarnya di kehidupan nyata dengan lebih mudah.

ENJ telah melihat lonjakan nilai yang signifikan di belakang rebranding perusahaan Facebook menjadi Meta minggu lalu. Setelah naik 200% menjadi $3,5 dalam sebulan, jadi bisa dibilang aset kripto ini sangat menarik untuk diikuti seiring perkembangan dunia metaverse itu sendiri.

Sekian dulu artikel dari Budak Duit Indonesia kali ini yang membahas sebuah artikel yang berjudul “Mengenal Metaverse Dan 5 Proyek Cryptocurrency Metaverse Terbaik”. Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat bagi anda yang saat ini sedang terjun di dunia investasi cryptocurrency. Terima kasih sudah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *