7 Cara Menghasilkan Uang Dari Cryptocurrency

7 Cara Menghasilkan Uang Dari Cryptocurrency

7 Cara Menghasilkan Uang Dari Cryptocurrency – Banyak orang yang belakangan ini mulai tertarik untuk memulai berivestasi cryptocurrency atau mata uang digital. investasi pada aset ini memang merupakan investasi yang beresiko tinggi untuk mengalami kerugian, sesuai dengan teori “High Risk, Hing Return“. Berinvestasi pada aset crypto yang tepat disertai dengan kesabaran sebenarnya dapat memberikan manfaat yang luar biasa dan membuat Anda super kaya dalam jangka panjang.

Hal tersebut tercermin saat tepat pada 2017, banyak investor yang mendapati investasi mereka turun sekitar 75-80%. Tapi, kesabaran pasti membuahkan hasil dan dia mendapatkan 300% lebih banyak setelah jeda tiga tahun.

Tidak seperti dulu, saat ini sudah banyak sekali proyek-proyek baru terkait teknologi blockchain dan penggunaan cryptocurrency yang bermunculan. Akan tetapi tidak semuanya benar-benar nyata dan bahkan ada yang ‘scam‘. Oleh karena itu kesabaran dan pendekatan analitis akan menghasilkan pengembalian yang baik. Pasar crypto kini telah berubah menjadi Wild West yang ganas untuk masuk ke pasar dengan komponen yang tidak dapat diprediksi.

Pada artikel di situs Budak Duit Indonesia kali ini akan dijelaskan cara termudah untuk menghasilkan uang dengan cryptocurrency dengan risiko lebih kecil daripada strategi kompleks menurut opini dari penulis.

 

Apa Itu Cryptocurrency Dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Cryptocurrency adalah metode pembayaran terdesentralisasi yang dapat Anda gunakan untuk bertransaksi secara online. Adapun beberapa cryptocurrency terbaik di bursa saat ini adalah seperti: Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), BNB Coin (BNB), Solana (SOL), Cardan0 (ADA), XRP (XRP) hingga Shiba Inu Coin (SHIB).

Cryptocurrency beroperasi pada blockchain, buku besar digital transaksi cryptocurrency, memastikan bahwa koin yang sama tidak pernah digunakan dua kali. Transaksi diproses pada jaringan blockchain yang terdiri dari ribuan mesin, dan sebagai imbalan atas upaya mesin ini, pemilik dapat memperoleh cryptocurrency.

Koin baru ‘ditambang’ (yaitu, dicetak atau dibuat) saat komputer menafsirkan seluk-beluk matematika yang kompleks untuk menentukan legitimasi transaksi di blockchain.

Selain dari menambang, orang-orang bisa langsung mendapatkan koin dengan cara membelinya langsung di beberapa marketplace kripto menggunakan mata uang flat atau menukar dengan koin lain yang mereka miliki.Dengan menggunakan aplikasi pertukaran atau dompet bitcoin seperti Crypto.com, Coinbase, Coinmarketcap, dan BlockFi, pengguna mengonversi mata uang flat menjadi kripto dan mengandalkan peningkatan nilai investasi mereka, seperti halnya perdagangan saham.

Cryptocurrency dapat memperoleh nilai ketika perusahaan besar mengumumkan bahwa mereka akan menerimanya sebagai metode pembayaran, ketika proses penambangan berubah, atau ketika selebriti seperti Elon Musk mempromosikan aset crypto tertentu. Itu juga dapat meningkat nilainya ketika permintaan meningkat dan pasokan terbatas. Misalnya, ketika 21 juta bitcoin beredar, tidak ada lagi penambangan yang dilakukan.

Cryptocurrency dapat kehilangan nilainya jika perusahaan tidak lagi menerimanya sebagai metode pembayaran atau jika banyak orang mencoba menjual semuanya sekaligus.

 

Tips Dan Cara Berinvestasi Dalam Mata Uang Kripto dengan Aman

Investasi selalu berisiko. Para ahli mengatakan cryptocurrency adalah salah satu pilihan investasi berisiko di pasar. Namun, mata uang digital juga merupakan aset terpanas.

Saat ini, kapitalisasi pasar cryptocurrency global adalah $2,66T dan diperkirakan akan meningkat tanpa cela. Jika Anda ingin berinvestasi dalam mata uang digital, tips berikut akan membantu Anda membuat pilihan yang terdidik.

1. Pertukaran Penelitian

Pelajari tentang pertukaran mata uang kripto sebelum menginvestasikan satu dolar. Platform ini menyediakan media untuk membeli dan menjual cryptocurrency. Menurut Bitcoin.com, lebih dari 500 bursa tersedia untuk dipilih. Lakukan riset, baca ulasan, dan bicaralah dengan investor berpengalaman sebelum melanjutkan. Berbagai komunitas telegram ada di sana membimbing & berbagi pengalaman pribadi mereka. Crypto Gaming Bulls adalah salah satunya.

2. Cari Tahu Cara Menyimpan Cryptocurrency Anda

Saat Anda membeli koin kripto, Anda harus menyimpannya. Anda dapat memilih dompet kripto untuk disimpan di bursa atau di “dompet” digital (salah satu dompet kripto yang dijelaskan di blog). Meskipun ada beberapa jenis dompet, masing-masing memiliki kelebihan, persyaratan teknis, dan keamanan. Untuk perdagangan, Anda harus meneliti opsi hosting Anda sebelum berinvestasi.

3. Diversifikasi Investasi

Diversifikasi adalah inti dari setiap strategi investasi yang benar, dan hal yang sama berlaku ketika berinvestasi dalam mata uang kripto. Misalnya, Anda tidak boleh menginvestasikan semua uang Anda di jaringan Bitcoin hanya karena Anda tahu namanya. Ada ribuan opsi, dan yang terbaik adalah membagi investasi Anda menjadi beberapa mata uang digital.

4. Bersiaplah untuk Volatilitas

Pasar crypto selalu bergejolak, jadi bersiaplah untuk beberapa pasang surut. Anda akan melihat harga berfluktuasi liar. Jika portofolio atau kesejahteraan mental Anda berada di luar kendali Anda, cryptocurrency mungkin bukan pilihan terbaik Anda.

Cryptocurrency sedang tren saat ini, tetapi ingat, ini masih dalam masa pertumbuhan. Berinvestasi dalam sesuatu yang baru bisa jadi sulit, jadi bersiaplah. Jika Anda mempertimbangkan untuk bergabung, mulailah dengan melakukan riset dan strategi investasi Anda secara konservatif.

 

7 Cara Menghasilkan Uang Dari Cryptocurrency

Adapun beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mendapatkan penghasilan dari aset cryptocurrency adalah sebagai berikut:

1. Meminjam Atau Memberikan Pinjaman

Anda bisa menghasilkan pendapatan pasif dari investasi kripto Anda dengan memulai memberikan pinjaman kripto. Pinjaman Cryptocurrency melibatkan partisipasi dari peminjam dan pemberi pinjaman dan kesepakatan di antara mereka. Beberapa pertukaran kripto mendukung pinjaman kripto, termasuk Nexo, SALT Lending, BlockFi, Oasis, dan Celsius.

Secara khusus, pinjaman cryptocurrency mencakup kontrak di mana peminjam menjanjikan kepemilikan cryptocurrency mereka sebagai jaminan, pemberi pinjaman menerima persyaratan dan menawarkan uang tunai atau cryptocurrency lainnya, dan peminjam setuju untuk membayar bunga kepada pemberi pinjaman.

Biasanya, dalam perjanjian pinjaman cryptocurrency, peminjam dan peminjam adalah individu, bukan organisasi seperti bank. Intinya adalah bahwa cryptocurrency adalah inti dari pinjaman yang digunakan sebagai jaminan atau sebagai sumber utama nilai pinjaman.

Dengan demikian, pemberi pinjaman dapat meminjam aset atau kepemilikan kripto dan mendapat manfaat dari pembayaran bunga dalam bentuk aset kripto tambahan. Tentu saja, ini bukan tanpa risiko, dan menemukan platform yang menghubungkan calon peminjam dan pemberi pinjaman dapat memakan waktu. Tetapi sekali lagi, jika Anda mencari cara untuk membuat mata uang kripto Anda berfungsi dan mendapatkan uang tambahan, meminjamkannya adalah salah satu cara yang mungkin perlu ditelusuri.

2. Beli Dan Tahan Untuk Jangka Panjang

Metode mendapatkan uang dari aktivitas jual dan beli aset cryptocurrency lebih banyak disukai kebanyakan orang. Memilih aset kripto lalu beli saat aset tersebut turun dan jual kembali saat harganya sudah naik.

Anda bisa mendapatkan keuntungan yang signifikan setelah menahannya dalam waktu berbulan-bulan atau bertahun-tahun sebelum memutuskan untuk menjualnya saat aset tersebut sudah mengalami kenaikan harga dengan cara membandingkan harga saat beli dan harga saat ini.

Aset cryptocurrency yang sudah stabil seperti Bitcoin, Ethereum, dan Litecoin mengalami kenaikan dan penurunan harga yang berbeda-beda setiap hari. Akan tetapi dalam periode waktu yang lama, kita dapat melihat bahwa aset tersebut selalu naik dari waktu ke waktu.

Koin baru seperti Chia lebih mungkin untuk debut dengan harga lebih tinggi karena hype. Kemudian, kehilangan nilai dan membutuhkan waktu lama untuk pulih. Kadang-kadang mereka cenderung menghilang jika tidak ada cukup pembeli di pasar atau utilitas dari fungsi yang dilakukan tidak mencukupi.

Sangat penting untuk membaca whitepaper untuk koin itu sebelum memutuskan cryptocurrency mana yang akan digunakan sebagai investasi jangka panjang. Ini akan memberi Anda gambaran yang adil tentang asal-usul dan tujuan yang dilayaninya dan memberikan data yang cukup untuk memungkinkannya bertahan dalam ujian waktu.

4.  Jual Beli Harian

Selain beli dan tahan jangka panjang, anda bisa mencoba resiko lebih dengan memanfaatkan momentum kenaikan harga dan penurunan harga secara singkat untuk transaksi jangka pendek. Seperti yang anda tahu bahwa pasar kripto tidak bisa diprediksi.

Untuk sukses dengan transaksi jangka pendek, harian, jam atau beberapa menit tentunya dibutuhkan keterampilan teknis dan analitis yang tepat untuk menjadi trader yang sukses. Anda perlu menganalisis grafik pasar dari kinerja aset yang terdaftar. Jadi, Anda bisa membuat prediksi yang akurat tentang kenaikan dan penurunan harga.

Saat berdagang kripto, Anda dapat membeli atau menjual, tergantung pada apakah Anda memperkirakan harga aset akan naik atau turun. Ini berarti Anda bisa mendapatkan keuntungan apakah harga naik atau turun.

Berbagai cara ada untuk meminimalkan risiko yang terlibat dalam perdagangan kripto. Berikut adalah beberapa cara terbaik untuk meningkatkan strategi trading :

  • Diversifikasi perdagangan Anda: Menggabungkan berbagai mata uang akan membantu meminimalkan risiko harian yang terkait dengan koin tertentu.
  • Minimalkan biaya perdagangan: Pilih pertukaran tepercaya yang memiliki biaya rendah untuk mengurangi biaya perdagangan.
  • Perhatikan waktu perdagangan: Rencanakan waktu perdagangan yang sesuai dengan jadwal Anda.
  • Ikuti berita crypto: Dapatkan berita dan cerita crypto terbaru untuk tetap menjadi yang terdepan di pasar.
  • Gunakan analisis teknis: Praktikkan indikator teknis. Ini akan membantu Anda untuk membenarkan setiap perdagangan Anda.
  • Gunakan stop loss: Tetapkan stop-loss order pada setiap perdagangan. Mulailah dengan tingkat untung rugi 2:1.
  • Stacking

5. Airdrop

Dari semua cara untuk mendapatkan cryptocurrency gratis, airdrops menawarkan risiko tertinggi. Ini lebih dari yang Anda anggap berharga bagi sebagian besar investor. Pengembang melakukan airdrop ketika mereka menginginkan dukungan untuk cryptocurrency baru. Singkatnya, mereka memberikan koin gratis untuk dicoba diadopsi.

Anda dapat memeriksa di Internet ketika proyek airdrop sedang berlangsung. Mereka sering dipromosikan oleh pengguna di situs web perusahaan, media sosial, dan platform berita kripto lainnya.

Sangat penting untuk berhati-hati dengan proyek crypto baru. Airdrop Palsu dan ICO (Initial Coin Offering) adalah penipuan umum yang digunakan oleh peretas. Kenyataannya, banyak koin yang dikeluarkan dalam bentuk gelembung udara bukanlah toko investasi yang sangat berharga. Para ahli merekomendasikan untuk tetap menggunakan cryptocurrency yang lebih terkenal, Bitcoin dan Ethereum, terutama untuk pemula. Jika Anda mengikuti rekomendasi ini, beralihlah ke airdrops.

Semua cryptocurrency yang diperoleh melalui airdrop juga merupakan penghasilan kena pajak. Menurut IRS, Anda harus melaporkan berdasarkan nilai pasar wajar dari tanggal pendaftaran pada buku besar yang didistribusikan (dalam banyak kasus saat menerima airdrop dari dompet digital).

6. Mining

Mining atau penambangan adalah bagian penting dari mekanisme konsensus Proof of Work (PoW) dan merupakan salah satu cara tertua untuk mendapatkan uang dengan cryptocurrency. Ini adalah proses memvalidasi transaksi dan mengamankan jaringan PoW. Untuk melakukan fungsi ini, penambang menerima koin baru dalam bentuk hadiah blok. Pada hari-hari awal Bitcoin, penambangan dimungkinkan di komputer desktop, tetapi hari ini, perangkat keras penambangan khusus diperlukan.

Dalam hal pemeliharaan jaringan, memulai master node juga menguntungkan. Node master adalah dompet yang menampung salinan seluruh jaringan.

Kedua metode ini membutuhkan sejumlah besar investasi awal dan berkelanjutan yang didukung dengan keahlian teknis.

7. Dividen

Metode lain untuk mendapatkan uang dengan aset kripto Anda adalah dengan mendapatkan dividen. Jika Anda terbiasa berinvestasi dalam saham atau obligasi, Anda mungkin setidaknya mengetahui apa itu dividen. Untuk menguraikan dalam bahasa sederhana, dividen adalah pembayaran tunai kecil yang dilakukan kepada pemegang saham. Jika sebuah perusahaan menghasilkan laba selama seperempat (atau satu tahun, itu tergantung pada kepemilikan tunggal), ia membagi laba tersebut dan mengembalikannya ke kepemilikan perusahaan (pemegang saham).

Meskipun Anda mungkin tidak melihat gelombang pasang dividen mengenai akun kripto Anda tanpa saldo yang besar, ini bisa menjadi cara untuk menghasilkan uang dengan kripto yang sudah Anda miliki. Namun, Anda perlu melakukan riset untuk melihat cryptocurrency mana yang membayar dividen dan apakah dividen itu sepadan.

Beberapa cryptocurrency yang membayar dividen dalam lebih banyak koin (atau token) termasuk VeChain, NEO, Reddcoin, NAVCoin, Decred, dan dividen tahunan mereka secara luas. Oleh karena itu, dividen cryptocurrency berbeda dari dividen saham karena mereka membayar token tambahan daripada uang tunai.

8. Pengelola Situs Cryptocurrency

Menghasilkan uang dari cryptocurrecy tidak harus melakukan dan terlibat dengan perdagangan langsung. Jika anda tidak tertarik untuk melakukan perdagangan dengan resiko atau tidak memiliki modal atau uang dingin yang cukup, anda bisa mencoba menjadi analis, pengamat dan menuangkan segala hal tersebut dalam bentuk tulisan dan mengelola sebuah website untuk mempostingnya.

Anda bisa mendapatkan keuntungan dengan mengikuti program pengiklanan saat anda sudah mendapatkan banyak pembaca yang antusias dengan tulisan anda tentang cryptocurrency. Sebagai contoh website Budak Duit Indoensia, walaupun penulis juga aktif sebagai trader, penulis juga aktif mengelola website cryptocurrency ini untuk mendapatkan keuntungan dari setiap tulisan yang di post pada website ini.

Anda hanya membutuhkan keahlian untuk menulis, sebuah domain, hosting berbayar ataupun gratisan juga tersedia.

 

Investasi Cryptocurrency Jangka Panjang Atau Jangka Pendek?

Apa itu investasi jangka panjang di kripto?

Investasi jangka panjang adalah metode yang biasanya menahan investasi selama lebih dari satu tahun. Biasanya, investor jangka panjang juga merupakan investor pasif. Dengan kata lain, Anda tidak membeli atau menjual dalam jumlah besar dalam waktu singkat. Investor jangka panjang dapat berinvestasi pada saham yang nilainya meningkat, atau mereka dapat berinvestasi dalam dana atau ETF untuk jangka panjang. Namun secara umum, investasi jangka panjang lebih merupakan pendekatan set-and-forget.

Strategi untuk investasi jangka panjang:

Ada beberapa strategi yang berbeda, tetapi tema keseluruhannya adalah tentang ‘Beli dan Tahan’. Dengan mengingat hal ini, berikut adalah beberapa strategi untuk investor jangka panjang.

  • Investasi nilai – Sebuah strategi di mana investor mencoba membeli mata uang kripto dengan harga lebih rendah dari nilai intrinsiknya.
  • Investasi pertumbuhan – Berinvestasi di perusahaan yang Anda yakini akan melebihi kapitalisasi pasar secara keseluruhan.
  • Investasi dividen – Berinvestasi di perusahaan yang membagikan dividen.

Apa itu investasi jangka pendek di kripto?

Investasi jangka pendek adalah metode yang biasanya diadakan kurang dari satu tahun. Investor jangka pendek sering disebut sebagai active trader atau investor aktif. Ini berarti Anda membeli dan menjual lebih sering daripada investor jangka panjang. Ini bisa beberapa kali setahun, beberapa kali sebulan, atau bahkan beberapa kali sehari. Investor jangka pendek biasanya ingin mendapatkan keuntungan cepat dan tidak berencana untuk menunda investasi tetapi berspekulasi di pasar.

Investor jangka pendek ini juga akan memiliki portofolio investasi jangka panjang di tempat lain. Anda mungkin menggunakannya untuk pensiun atau untuk perusahaan lain yang ingin berinvestasi di saham dan menyimpannya untuk jangka panjang.

Strategi untuk investasi jangka pendek:

Investor jangka pendek melihat untuk membeli dan menjual kepemilikan mereka dengan cepat untuk mendapatkan keuntungan. Jadi, berikut adalah beberapa strategi umum untuk investasi jangka pendek:

  • Scalping: Membeli dan menjual segera dalam satu hari atau beberapa kali dalam hari perdagangan yang sama.
  • Perdagangan Harian: Berinvestasi untuk menghasilkan keuntungan kecil yang menambah kekayaan.
  • Swing Trading: Investasi selama beberapa hari atau minggu atau bahkan selama beberapa bulan.

Bagaimana memilih cryptocurrency untuk investasi jangka panjang dan jangka pendek?

  • Pertama, analisis fundamental diperlukan. Pertanyaannya adalah bagaimana melakukan analisis fundamental? Kita juga perlu memahami berapa banyak
  • yang telah kita investasikan dalam cryptocurrency. Cryptocurrency potensial teratas di pasar saat ini untuk investasi jangka panjang dan pendek.
  • Analisis pertumbuhan fundamental triwulanan. Untuk perdagangan jangka pendek atau harian, uji level support dan resistance harus dipahami.

 

Kesimpulan

Secara umum investasi apapun yang anda lakukan, hal terpenting adalah mengetahui seluk beluk investasi yang anda lakukan dan menghindari FOMO atau ikut-ikutan. Melakukan investasi yang aman untuk mendapatkan keuntungan tentunya anda harus melakukan riset terlebih dahulu.

Sangat penting untuk mengetahui kripto sebelum berinvestasi. Anda harus benar-benar mempelajari naik turunnya pasar. Satu hal yang harus Anda pastikan, siapkan dompet Anda sebelum perjalanan dimulai.

Pastikan bahwa Anda membuat semua strategi Anda sebelum berinvestasi. Mengambil cryptocurrency adalah tugas penting yang membutuhkan semua penelitian dan detail.

Sebelum mengambil kripto, pastikan Anda memperhatikan masa depannya di pasar. Jangka panjang dan jangka pendek adalah bagian dari penelitian. Jadi, kesimpulannya adalah melakukan penelitian menyeluruh dan mengamati masa lalu dan kinerja saat ini dari mata uang kripto yang ingin Anda perdagangkan.

Sekian dulu artikel kali ini dari situs Budak Duit Indonesia dengan artikel yang berjudul “7 Cara Menghasilkan Uang Dari Cryptocurrency”. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih sudah membaca.