8 Susunan Iklan Google Ads Yang Perlu Anda Ketahui

8 Susunan Iklan Google Ads Yang Perlu Anda Ketahui, Google Ads, sebelumnya dikenal sebagai Google AdWords, adalah platform iklan yang digunakan oleh perusahaan dan individu untuk mempromosikan produk atau layanan mereka melalui iklan yang ditampilkan di hasil pencarian Google, situs web parter, dan aplikasi mobile. Pengguna dapat membuat kampanye iklan yang ditargetkan pada kata kunci tertentu, demografi, lokasi, dan lainnya. Google Ads juga menyediakan alat analitik untuk membantu pengguna mengevaluasi kinerja kampanye iklan mereka. Namun, Google Ads mengenakan biaya berdasarkan biaya per klik (CPC) atau biaya per tayangan (CPM).

Google Ads menawarkan berbagai manfaat bagi perusahaan dan individu yang ingin mempromosikan produk atau layanan mereka:

  1. Targeting yang efektif: Google Ads menyediakan alat yang memungkinkan pengguna untuk menargetkan iklan mereka ke audiens yang spesifik berdasarkan kata kunci, demografi, lokasi, dan lainnya.
  2. Hasil yang cepat: Google Ads dapat menghasilkan hasil yang cepat karena iklan akan ditampilkan di hasil pencarian Google yang dilihat oleh jutaan orang setiap hari.
  3. Biaya yang terjangkau: Google Ads mengenakan biaya berdasarkan CPC atau CPM, yang memungkinkan pengguna untuk membuat kampanye iklan dengan biaya yang terjangkau.
  4. Analitik yang kuat: Google Ads menyediakan alat analitik yang memungkinkan pengguna untuk mengevaluasi kinerja kampanye iklan mereka dan mengoptimalkan iklan untuk hasil yang lebih baik.
  5. Flexibilitas: Google Ads memungkinkan pengguna untuk mengubah atau menghentikan kampanye iklan kapan saja, sehingga memungkinkan fleksibilitas dalam mengelola kampanye iklan.

 

8 Susunan Iklan Di Google Ads

Untuk memaksimalkan manfaat yang ditawarkan oleh Google Ads  dan menjangkau audiens yang tepat, tentunya anda juga harus memilih susunan iklan tepat juga. Saat ini Google menawarkan berapa format iklan yang berbeda yang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan pengiklan.

Ada beberapa format susunan iklan Google Ads, antara lain:

1. Iklan Teks

Iklan Teks merupakan format iklan yang yang hanya memiliki kata, atau teks, di dalamnya. Ini adalah iklan termudah untuk memulai, dan muncul di bagian atas dan bawah hasil pencarian Google. Pada dasarnya, iklan teks Google Ads standar terdiri dari teks judul, URL yang ditampilkan, dan teks deskripsi. Anda dapat menonjolkan iklan teks dengan ekstensi yang memberikan informasi tambahan, seperti tautan situs dan alamat bisnis Anda.

2.  Iklan Gambar

Iklan gambar adalah jenis iklan yang menampilkan gambar statis atau .gif interaktif dan gambar flash dalam berbagai ukuran. Format visualnya dapat menarik perhatian pengguna dan membantu menampilkan produk atau layanan. Jika pengiklan memilih iklan gambar, ia akan ditampilkan di Jaringan Display Google, yang mencakup lebih dari 2 miliar situs web dan aplikasi.

Untuk membantu pengguna memahami bisnis, produk, dan merek Anda. Mereka sangat penting untuk iklan yang berperforma baik.

Untuk hasil terbaik, hindari gambar yang:

  • Buram
  • Warna terbalik
  • Difilter secara berlebihan
  • Diuraikan dengan perbatasan
  • Tidak jelas
  • Terbalik
  • Miring secara visual

3. Iklan Video

Iklan video adalah jenis iklan yang menampilkan video dalam format yang dapat muncul di YouTube, serta situs web dan aplikasi lain sebagai bagian dari kampanye Google Display. Format iklan ini dapat muncul di awal, tengah, atau akhir konten video lainnya, dan dapat ditampilkan sebagai iklan yang dapat diabaikan atau tidak dapat diabaikan. Format iklan ini dapat muncul dalam berbagai bentuk dan ukuran, sehingga memungkinkan pengiklan untuk menyesuaikan tampilan iklan mereka sesuai dengan tujuan kampanye dan audiens yang ingin dicapai. Iklan video dapat digunakan untuk meningkatkan brand awareness, meningkatkan klik dan tingkat konversi, serta mempromosikan produk atau layanan dalam tindakan.

4. Iklan Responsif

Iklan responsif adalah jenis iklan yang secara otomatis mengubah ukuran, format, warna dan pemformatannya sesuai dengan situs tempat iklan itu muncul. Ini memungkinkan iklan terlihat seperti iklan bawaan dari situs tersebut. Iklan responsif muncul sebagai iklan teks atau gambar di seluruh Google Display Network, dengan bentuk yang bervariasi seperti persegi atau persegi panjang, atau muncul di bagian atas, tengah, atau samping situs web.

Dalam membuat iklan responsif, pengiklan akan mengupload beberapa variasi judul, deskripsi, gambar, dan logo sehingga Google dapat membuat kombinasi yang sesuai untuk iklan tersebut dan dapat menyesuaikan dengan lokasi, ukuran, dan jenis perangkat yang digunakan. Ini membuat iklan lebih efektif dan meningkatkan tingkat klik dan konversi.

5. Iklan Belanja Produk

Iklan Belanja Produk adalah jenis iklan yang ditampilkan di Google Penelusuran, Penelusuran Gambar Google, dan Google Belanja. Iklan ini menampilkan gambar produk, judul, harga, dan tautan ke toko Anda, serta informasi tambahan seperti promosi, peringkat produk, dan ulasan pelanggan. Tujuan iklan ini adalah untuk mendorong pembelian dari pembeli potensial.

6. Iklan Shopping Katalog

Iklan Shopping Katalog adalah jenis iklan yang memungkinkan untuk menampilkan beberapa produk sekaligus, ditujukan untuk pembeli yang ingin menelusuri dan melihat produk terkait. Format ini bagus untuk memperkenalkan merek atau lini produk kepada audience. Iklan ini dapat ditemukan di Google Penelusuran, Google Shopping, dan platform lainnya.

7. Iklan Hhusus Panggilan Telepon

Iklan khusus panggilan telepon adalah jenis iklan yang memfokuskan pada nomor telepon bisnis Anda. Ketika orang mengklik iklan, itu memicu panggilan telepon langsung ke bisnis Anda. Format ini mengarahkan prospek dan meningkatkan peluang untuk mendapatkan bisnis. Iklan ini hanya muncul di Google Penelusuran dan hanya di perangkat yang dapat melakukan panggilan telepon seperti smartphone.

8. Iklan Promosi Aplikasi

Iklan promosi aplikasi adalah cara untuk mempromosikan aplikasi Anda dengan menampilkan iklan di Google Penelusuran, Google Play Store, dan di seluruh Google Display Network. Iklan tersebut dibuat dengan menyediakan judul, deskripsi, gambar, dan video tentang aplikasi Anda kepada Google, yang kemudian digabungkan dengan informasi dari cantuman toko aplikasi Anda untuk membuat dan menampilkan iklan dalam berbagai format. Tujuannya adalah untuk mengarahkan orang ke toko aplikasi atau aplikasi Anda untuk diunduh dan digunakan.

 

Demikianlah informasi kali ini yang membahas tentang “8 Susunan Iklan Google Ads Yang Perlu Anda Ketahui”. Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung ke situs kami.

Leave a Comment

You cannot copy content of this page