Steem (STEEM): Blockchain Untuk Jaringan Komunitas

Gambar Logo Steem (STEEM) Blockchain

Steem (STEEM) menjadi salah satu jaringan blockchain yang menarik untuk dibahas kali ini. Koin kripto STEEM ini menjadi trending di situs CoinMarketCap pada hari Jumat, 18-02-2022. Jika anda tertarik untuk mengenal lebih jauh tentang Steem, pada artikel kali ini kami akan membahasnya untuk anda para pembaca.

 

Apa Itu Steem (STEEM)?

Screenshoot Halaman Website Steem (STEEM) Blockchain
Screenshoot Halaman Website Steem (STEEM) Blockchain

Steem adalah jaringan blockchain berbasis komunitas yang diciptakan untuk memberikan penghasilan instan bagi para penggunanya. Protokol ini dirancang untuk memberikan peluang penghasilan bagi pelanggan berdasarkan nilai yang mereka miliki di jaringan Steem. Blockchain ini dirancang untuk memberikan pengguna sebuah platform dimana mereka dapat memposting konten yang dikuratori secara online dan mendapatkan bayaran dalam bentuk cryptocurrency.

Protokol Steem merupakan basis data blockchain yang tersedia untuk umum dan berinsentif yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan diri mereka sendiri dan mendapatkan penghasilan sebagai imbalannya. Ini memanfaatkan teknologi dari media sosial dan cryptocurrency untuk memberi pengguna nilai. Jaringan memastikan perlakuan yang adil terhadap kontributor dengan menjalankan struktur penghargaan yang mencerminkan kontribusi setiap pengguna.

Steemit adalah aplikasi pertama yang dibangun di atas blockchain Steem, dan diluncurkan pada 4 Juli 2016. Protokol ini bertujuan untuk memberikan nilai bagi komunitas penggunanya dengan cara berikut:

  • Untuk memberikan berita dan komentar yang dipilih dengan cermat.
  • Menciptakan peluang untuk menghasilkan.
  • Sebagai sumber yang menawarkan jawaban atas pertanyaan pengguna.
  • Menawarkan cryptocurrency stabil yang dipatok ke USD.

 

Pendiri Steem

Steem didirikan oleh dua pendiri utamanya, yaitu Ned Scott dan Dan Larimer. Mereka meluncurkan aplikasi pertamanya Steemit di blockchain Steem pada bulan Januari. Steemit adalah sebuah aplikasi yang mirip dengan aplikasi jejaring sosial akan tetapi yang membedakannya adalah aplikasi ini mengunakan teknologi blockchain. Hal tersebut menjadikannya sebuah aplikasi yang terdesentralisasi dan non-custodial app . Jaringan tanpa masalah terkait data umum yang dihadapi oleh platform sosial tradisional.

Ned Scott dulunya bekerja sebagai operasi bisnis dan analis keuangan di perusahaan pengimpor Makanan Amerika, Gellert Global Group, sejak tahun 2012 hingga 2015. Dia bertemu Dan, rekannya, pada 2015 di mana dia mengetahui bahwa mereka memiliki minat yang sama di bidang teknologi blockchain.

Dan Larimer memiliki latar belakang sebagai seorang insinyur perangkat lunak dan pengusaha serial yang terpikat oleh teknologi blockchain, DEX, cryptocurrency, dan teknologi lainnya. Dan ikut mendirikan Steem bersama Ned Scott dan menjadi CTO sampai dia meninggalkan perusahaan pada tahun 2017.

 

Keunikan Steem

Saat ini banyak perusahaan media sosial tradisional yang telah menghasilkan banyak uang melalui konten yang dihasilkan oleh para penggunanya. Namun, yang membedakan Steem adalah dukungan yang ditawarkannya kepada penggunanya dengan memberi mereka penghargaan atas konten-konten yang mereka ciptakan di platform.

Salah satu fitur unik dari jaringan Steem adalah didasarkan pada teknologi blockchain. DImana hal tersebut menjadikannya sebagai yang pertama dari jenisnya. Akibatnya, ini non-custodial app dan terdesentralisasi, tanpa waktu henti atau penyalahgunaan data, dan data platform juga diamankan dengan sempurna. Juga, pengguna dibayar dalam cryptocurrency untuk berpartisipasi di platform.

Steem dipandu oleh satu prinsip utama: bahwa mereka yang berkontribusi pada usaha harus dibayar oleh pemilik, seperti yang dilakukan oleh startup dengan mengalokasikan saham selama putaran pendanaan. Keyakinan inti lainnya adalah melayani anggota komunitasnya dengan memberikan berbagai layanan dan peluang keuangan.

 

Bagaimana Jaringan Steem Diamankan?

Setelah perusahaan dibeli oleh Justin Sun, pendiri platform Tron, terjadi restrukturisasi operasi Steem. Oleh karena itu, blok baru tidak lagi dibuat melalui penambangan dan jaringan tidak menggunakan proof-of-work.

Protokol tidak bergantung pada bukti kerja untuk membuat blok baru tetapi menjadwalkan saksi untuk membuat blok setiap tiga detik. Namun, blockchain Steem menggunakan bukti kepemilikan yang didelegasikan untuk meningkatkan kecepatan transaksi di platform dan membuatnya lebih skalabel. Saksi dihargai dengan Steem Power untuk setiap blok yang dibuat.

 

Apa Itu Koin STEEM?

Perlu anda ketahui bahwa ada tiga token digital yang membentuk ekosistem Steemit: STEEM, Steem Power (SP) dan Steem Dollars. STEEM adalah koin kripto utama dari protokol Steem. Berbeda dari kebanyakan blockhain pada umumnya, pada pengguna bisa mendapatkan koin ini dengan cara menerbitkan dan mengkurasi konten di aplikasi Steemit.

Pool mendistribusikan token kepada pengguna di platform berdasarkan input mereka. Saksi (akun pembuat blok) menambahkan blok baru ke blockchain Steem setiap tiga detik. Oleh karena itu, STEEM diproduksi oleh jaringan setiap hari dan koin baru didistribusikan dengan cara ini:

  • Kurator dan penulis konten menerima 75% dari koin baru yang dibuat.
  • Pengguna dengan kepemilikan Steem Power (cryptocurrency Steem lainnya) dialokasikan 15% dari koin.
  • Sisanya 10% diberikan kepada saksi.

STEEM dapat ditukar dengan bitcoin atau mata uang kripto lainnya melalui beberapa bursa terkemuka. Namun, untuk memberikan suara, Anda perlu mengubah STEEM Anda menjadi Steem Power (SP). Proses ini dikenal sebagai “menghidupkan”. Anda juga dapat mengonversi STEEM menjadi Steem Dollars.

 

Harga Koin STEEM

Harga Steem saat artikel ini dibuat adalah $0,332198 USD dengan volume perdagangan 24 jam $8,711,029. Berdasarkan data peringkat di situs CoinMarketCap,  saat ini Steem (STEEM) berada di urutan ke 331 dengan nilai kapitalisasi pasar sebesar $131,202.004 USD. Adapun jumlah persediaan koin STEEM yang sudah beredar adalah sebanyak 394.951.699 koin STEEM.

 

Bagaimana Cara Mendapatkan Koin STEEM?

Ada dua cara untuk mendapatkan koin STEEM: beli atau dapatkan. Anda dapat membeli STEEM di beberapa bursa cryptocurrency populer, termasuk Poloniex, Bittrex, dan ShapeShift. Membeli STEEM mungkin adalah cara tercepat untuk mendapatkan mata uang ini. Menghasilkan STEEM dilakukan dengan terlibat dengan komunitas Steemit, memposting konten, berkomentar, berbagi, dan berjejaring. Semakin banyak kontribusi berharga yang Anda buat, semakin banyak STEEM yang harus Anda hasilkan.

 

Apa Proyek Steem (STEEM) Selanjutnya

Adapun beberapa proyek yang ingin dilakukan oleh pengembang Steem adalah sebagai berikut:

  • Pengembang di balik blockchain Steem mengakui bahwa Steemit adalah salah satu dari banyak aplikasi potensial yang dapat mengambil manfaat dari perangkat lunak yang mendasarinya. Roadmap 2017 untuk Steem menekankan perluasan teknologi ini ke pengembang pihak ketiga. Menambahkan layanan mikro dan titik akhir layanan publik akan membuat blockchain Steem lebih mudah digunakan oleh pengembang.
  • Steem bekerja pada aplikasi seluler untuk iOS dan Android.
  • Hosting gambar drag-and-drop gratis sedang diintegrasikan ke dalam platform Steemit.
  • Beberapa langkah sedang diambil untuk meningkatkan pengalaman pengguna, termasuk antarmuka pengguna (UI) yang diperbarui, rebranding Steemit dan penyederhanaan proses pendaftaran.

Sekian dulu artikel kali ini dari situs cryptocurrency Budak Duit Indonesia, semoga artikel kali ini bisa membantu anda untuk memahami Steem (STEEM) lebih dalam. Terima kasih sudah membaca.

Sumber Referensi:

https://steem.com/

https://coinmarketcap.com/currencies/steem/