Apa Itu Saham AMD? Profil Singkat Advanced Micro Devices, Inc.

Gambar Logo Advanced Micro Devices, Inc. (AMD)

AMD adalah kode saham dari perusahaan teknologi dari Amerika yang produknya sudah sangat dikenal bagi para PC builder, yaitu Advanced Micro Devices, Inc. Dari sisi invetasi pun saham AMD telah menarik banyak perhatian dari para investor karena harganya yang terus meningkat belakangan ini. Ada yang menyebutkan hal tersebut dikarenakan mereka telah berhasil mengakuisisi Xilinx Corporation.

Oleh karena itu penulus sangat tertarik untuk membahas tentang Advanced Micro Devices, Inc. (AMD) yang tentunya membuat anda penasaran juga.

 

Apa itu Advanced Micro Devices, Inc. (AMD)?

Advanced Micro Devices, Inc. (AMD) adalah perusahaan teknologi asal Amerika Serikat yang di Santa Clara, California. Perusahaan ini mengembangkan prosesor komputer dan teknologi komputer untuk pasar bisnis global dan konsumen.

Produk utama AMD meliputi mikroprosesor , chipset motherboard, prosesor tertanam, prosesor grafis untuk server, workstation, komputer pribadi, aplikasi sistem tertanam dan FPGA.

 

Sejarah Singkat

Advanced Micro Devices didirikan pada 1 Mei 1969 oleh Jerry Sanders, bersama dengan tujuh rekannya dari Fairchild Semiconductor.

Pada bulan November 1969, perusahaan ini memproduksi produk pertamanya: Am9300, sebuah register geser MSI 4-bit , yang mulai dijual pada tahun 1970.  Pada tahun 1970, AMD  telah berhasil memproduksi produk eksklusif pertamanya, penghitung logika Am2501, yang sangat sukses saat itu. Produk terlarisnya pada tahun 1971 adalah Am2505, pengganda tercepat yang tersedia pada waktu itu. Perusahaan ini terus berkembang dan mulai memasuki pasar chip RAM, produk pertamanya di pasar itu adalah Am3101, sebuah RAM bipolar 64-bit.

Advanced Micro Devices, Inc mulai go public pada September 1972 dan menjadi perusahaan sumber kedua untuk sirkuit Intel MOS / LSI pada tahun 1973, dengan produk seperti Am14/1506 dan Am14/1507, register geser dinamis 100-bit ganda.

Perusahaan ini banyak sekali mengalami kemajuan dan perkembangan hingga akhirnya Oktober 2020, AMD mengumumkan bahwa mereka mengakuisisi Xilinx dalam transaksi semua saham. Akuisisi Xilinx selesai pada Februari 2022, dengan perkiraan harga akuisisi $50 miliar.

 

Daftar CEO

Adapun beberapa orang yang pernah menjabat sebagai CEO di Advanced Micro Devices, Inc. (AMD) adalah sebagai berikut:

NamaTahun MenjabatJabatan, pendidikan
Jerry Sanders1969–2002Pendiri, insinyur listrik
Hector Ruiz2002–2008Insinyur listrik
Dirk Meyer2008–2011Insinyur komputer
Baca Rory2011–2014Sistem Informasi
Lisa Su2014–sekarangInsinyur listrik

Sekian dulu artikel kali ini dari situs Budak Duit Indonesia yang membahas tentang saham AMD dan Profil Singkat Advanced Micro Devices, Inc. Terima kasih sudah membaca