Cara Mudah Menambang Litecoin (LTC)

Cara Mudah Menambang Litecoin (LTC)

Karena Litecoin (LTC) adalah garpu atau fork dari Bitcoin (BTC) dengan beberapa penyesuaian dan perubahan pada kode sumbernya. Bisa dibilang penambangan Litecoin cara kerjanya mirip dengan menambang Bitcoin. Sama seperti Bitcoin, Litecoin adalah cryptocurrency terdesentralisasi, yang buku besar digitalnya dikelola oleh jaringan node yang terdesentralisasi alih-alih satu pihak. Akibatnya, tidak ada entitas pusat untuk mendistribusikan cryptocurrency ke dunia. Oleh karena itu, distribusi koin telah dirancang dengan cara yang terdesentralisasi juga.

Di tempat pra-tambang, di mana seluruh tumpukan unit Litecoin akan dibuat dalam satu gerakan sebelum peluncuran jaringan, Litecoin dikeluarkan dan dirilis oleh protokol dengan cara yang telah diprogram sebelumnya. Penerima unit Litecoin yang baru diterbitkan adalah yang disebut penambang. Peserta jaringan vital ini adalah orang-orang yang melakukan penambangan dan sebagai imbalannya dihargai dengan cryptocurrency. Istilah penambangan adalah analogi yang dipinjam dari proses ekstraksi logam mulia dari tanah karena mereka juga perlu ditambang dengan mengorbankan tenaga dan energi.

Sementara biaya dan energi dikeluarkan untuk penambang Litecoin juga, itu bukan hasil dari menggali tanah untuk mencari logam mulia. Energi yang digunakan untuk menambang Litecoin akan masuk ke mesin komputer khusus, memberi daya pada prosesor dalam kompetisi global untuk memecahkan teka-teki kriptografi dengan mengorbankan daya komputasi. Penambang mana pun yang berhasil memecahkan teka-teki ini terlebih dahulu dan dengan demikian mengungguli pesaingnya dan dapat menambahkan blok baru ke blockchain dihargai dengan beberapa Litecoin tambahan dalam apa yang disebut hadiah blok. Pada akhirnya, para penambang dihargai dengan mahal karena memberikan kekuatan komputasi ke jaringan Litecoin dan dengan demikian membuat jaringan aman untuk penanganan transaksi peer-to-peer yang terdesentralisasi.

Baca juga: GPU Mining Cryptocurrency Terbaik Tahun

 

Berapa Banyak Koin Kripto Litecoin Tersedia Untuk Ditambang?

Mirip dengan Bitcoin, Litecoin juga memiliki batas atas koin tetap. Dengan Litecoin ada pasokan tetap 84 juta unit Litecoin yang akan pernah dibuat. Per Juli 2021, sekitar 67 juta di antaranya telah dibuat dan saat ini beredar di pasar terbuka. Sisa pasokan sekitar 17 juta unit masih akan ditambang hingga sekitar tahun 2142. Pada saat itu, batas pasokan akan tercapai dan tidak ada lagi Litecoin yang akan dikeluarkan oleh protokol.

Pada saat penulisan, 12,5 Litecoin dikeluarkan sebagai hadiah blok rata-rata setiap 2,5 menit. Dalam waktu sekitar dua tahun dari sekarang, jumlah penerbitan per blok akan dipotong setengahnya dengan imbalan turun menjadi 6,25. Dari sana, setiap empat tahun ke depan, Litecoin akan mengalami separuh lagi, membawa penerbitan Litecoin ke 0 pada akhirnya.

 

Bagaimana Cara Menambang Litecoin?

Berkontribusi pada penambangan Litecoin sama dengan memberikan kekuatan pemrosesan, juga dikenal sebagai hashpower, ke jaringan Litecoin. Karena Litecoin mewakili sistem terbuka tanpa izin seperti Bitcoin, siapa pun yang memiliki akses ke kekuatan pemrosesan komputer dapat berpartisipasi dalam penambangan. Pada hari-hari awal Litecoin, sangat mungkin untuk menambang cryptocurrency menggunakan perangkat keras komputer rumahan seperti CPU atau GPU klasik (keduanya adalah unit pemrosesan komputer). Dengan semakin banyak kekuatan hash yang disediakan oleh lebih banyak aktor profesional, penambangan menjadi semakin sulit. Saat ini, Litecoin tidak dapat ditambang secara efisien dengan kartu grafis CPU atau GPU lagi.

Untuk menambang Litcoin secara kompetitif, diperlukan apa yang disebut mesin penambangan terintegrasi khusus aplikasi (ASIC). Prosesor penambangan ASIC ini telah dirancang secara unik untuk menambang Litecoin. Sementara Bitcoin juga menggunakan penambang ASIC, mesin ini didasarkan pada algoritma yang berbeda. Untuk Bitcoin, algoritma penambangan yang digunakan adalah SHA-256. Sebaliknya, Litecoin menggunakan algoritma yang berbeda secara fundamental yang disebut “Scrypt” untuk memproses fungsi hash. Jadi, sementara penambang ASIC yang digunakan untuk menambang Litecoin tidak dapat dialihkan untuk menambang Bitcoin, mereka dapat dengan mudah diubah untuk menambang koin lain, terutama Dogecoin, yang juga menganut algoritme berbasis scrypt.

Sama seperti industri penambangan Bitcoin, penambangan Litecoin saat ini juga didominasi oleh kumpulan penambangan. Jika seseorang hanya memiliki segelintir mesin ASIC berbasis scrypt, yang terbaik adalah menyambungkan mesin penambangan ini ke apa yang disebut peternakan penambangan. Dengan cara ini, penambang yang lebih kecil dapat bekerja sama dengan banyak kekuatan hash, membuatnya lebih mungkin untuk mendapatkan aliran hadiah blok yang stabil dari mesin penambangannya. Setiap kali peternakan penambangan masing-masing menemukan blok baru, penambang yang lebih kecil mendapat bagian dari hadiah yang sebanding dengan kekuatan hashing yang telah dia sumbangkan. Seperti yang ditunjukkan ilustrasi ini , saat ini tiga kumpulan penambangan berbagi lebih dari 50 persen tingkat hashing.

 

Berapa Besar Keuntungan Menambang Koin Kripto LTC?

Profitabilitas individu penambang bergantung pada empat variabel berbeda: Biaya energi, daya hashing yang disediakan, harga Litecoin saat ini, dan hadiah blok saat ini. Yang paling penting dari parameter ini adalah biaya energi, yang sangat bervariasi tergantung pada lokasi geografis penambang. 3 variabel lainnya serupa untuk semua penambang. Oleh karena itu, para penambang cenderung memasang peralatan mereka di tempat-tempat yang biaya energinya relatif rendah sehingga bisnis pertambangan mereka lebih menguntungkan.

Melihat penambang ASIC baru yang baru-baru ini dibawa ke pasar oleh penyedia perangkat keras penambangan Bitmaint, kami dapat memperkirakan potensi penghasilan bulanan mereka. Mereka menawarkan tingkat hash 9.500 MH / jam. Konsumsi daya unit ini adalah 3425W. Jadi, jika kita asumsikan biaya energi 0,13 kWh, yang merupakan harga rata-rata yang dibayar pelanggan perumahan di Amerika Serikat untuk listrik , kita melihat bahwa satu perangkat membuat Anda saat ini sekitar 0,25 LTC sehari, yaitu sekitar 23 USD per hari.

Karena Litecoin adalah koin penambangan bukti kerja dan energi nyata harus disediakan, penambang dikenakan biaya berulang yang perlu diamortisasi. Inilah sebabnya mengapa penambang harus menjual sebagian dari Litecoin yang mereka peroleh dari waktu ke waktu untuk membayar biaya operasional, terutama peralatan listrik dan perangkat keras.

 

Langkah-Langkah Menambang Litecoin (LTC)

Adapun beberapa langkah dasar cara menambang Litecoin (LTC) adalah sebagai berikut:

  1. Dapatkan perangkat keras yang sesuai: Untuk menambang Litecoin yang paling menguntungkan, Anda perlu mendapatkan mesin ASIC. Ini dapat dibeli dari produsen atau pengecer resmi. Ini tidak biasa untuk menghadapi kemacetan pasokan.
  2. Unduh dan instal perangkat lunak terkait yang diperlukan untuk menjalankan penambang ASIC. Pastikan mereka benar-benar berjalan sesuai dengan algoritma scrypt.
  3. Bergabunglah dengan kolam penambangan yang sesuai. Untuk penambangan Litecoin, f2pool mungkin merupakan alamat yang baik untuk memulai pencarian Anda untuk kumpulan penambangan yang sesuai.
  4. Konfigurasikan perangkat penambangan Anda: Setelah Anda memiliki akun dengan kumpulan penambangan, Anda harus menggunakan akun ini untuk menghubungkan mesin penambangan Anda ke salah satu server kumpulan penambangan agar dapat menambang Litecoin.
  5. Untuk mengumpulkan pendapatan apa pun dari hadiah blok, Anda harus mendaftarkan alamat pembayaran Anda. Jika Anda belum memiliki dompet Litecoin, maka sekaranglah saatnya untuk mengunduh dan menyiapkan dompet Litecoin pribadi Anda, sehingga Anda dapat menerima pembayaran hadiah dari operasi penambangan Anda.
  6. Mulai menambang. Setelah semuanya diatur, pengaturan akun kolam penambangan Anda memantau hashrate, pendapatan, dan pembayaran Anda. Kumpulan penambangan seperti f2pool memberi Anda dasbor atau bahkan aplikasi.

 

Sekian dulu artikel dari Budak Duit Indonesia kali ini yang membahas tentang ‘Cara Mudah Menambang Litecoin (LTC)’. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang dunia mining cryptocurrency. Terima kasih telah membaca

 

Artikel Asli: https://www.realvision.com/blog/how-to-mine-litecoin