Cara Mendapatkan Passive Income Dari Smartphone

5 Cara Mendapatkan Passive Income Dari Smartphone

5 Cara Mendapatkan Passive Income Dari Smartphone – Seperti yang kita tahu negara Indonesia merupakan salah satu negara dengan penggunaan smartphone tertinggi. Smartphone atau telepon pintar adalah sebuah perangkat mobile atau gadget baik itu dengan operating sistem android ataupun IOS. Kebanyakan orang menggunakan smartphone nya untuk eksis di media sosial ataupun bermain game, disamping fungsi utama smartphone itu sebagai alat komunikasi sehari-hari maupun sebagai perangkat pembantu, seperti kalkulator, cacatata, pengingat dan sebagainya.

Disamping dari beberapa fungsi-fungsi yang disebutkan diatas, anda sebenarnya bisa menghasilkan pendapatan berupa passive income atau pendapatan pasif dari perangkat smartphone yang anda miliki. Passive income sendiri adalah pendapatan yang bisa anda dapatkan tanpa perlu terlibat atau melakukan kegiatan aktif untuk mendapatkan penghasilan tersebut, bahkan saat anda sedang tidur pun pendapatan dari passive income akan terus mengalir.

5 Cara Mendapatkan Passive Income Dari Smartphone

Oleh karena itu pada artikel kali ini Budak Duit Indonesia akan membahas “5 Cara Mendapatkan Passive Income Dari Smartphone” yang dapat kamu coba di perangkat smartphone yang kamu miliki tentunya. Adapun beberapa cara yang dapat anda lakukan seperti berikut ini :

1. Influencer

Profesi sebagai influencer makin banyak digandrungi dan dilirik oleh generasi milenial saat ini, menjadi influencer dari segi pendapatan juga terlihat sangat menjanjikan. Peluang sukses sebagai influencer melalui jalur media sosial seperti facebook, twitter, instagram ataupun tiktok saat ini masih terbuka lebar dikarenakan tren hiburan diprediksi bakal bergeser ke dunia digital.

Kamu bisa memulainya dengan membuat video-video yang kreatif, seperti daily vlog, review makanan, traveling, art video, tutorial make up dan konten-konten lainnya yang dapat menarik para viewers untuk memfollow akun media sosial yang kamu miliki. Kamu dapat membuat konten-konten yang kamu inginkan hanya dengan berbekal perangkat smartphone saja dengan kamera terbaik dan beberapa software editing yang kamu dapatkan secara gratis di google playstore ataupun app store untuk melakukan editing dan menyempurnakan konten yang kamu buat.

Jika kamu sudah memiliki followers atau viewers yang banyak, kamu tentunya akan menarik brand-brand yang ingin menggunakan jasa mu untuk memasarkan produk-produk atau jasa yang dimiliki oleh brand tersebut, atau lebih dikenal dengan istilah ‘endorse’.

2. Monetisasi Youtube Atau Blog/Website

Saat ini hampir semua orang menghabiskan waktu luangnya untuk berselancar di dunia maya seperti membaca blog/website ataupun menonton video diperankan pc maupun mobile yang mereka miliki. Tentunya hal ini menjadi peluang pasar yang besar untuk membuat konten-konten digital.

Platform yang paling populer saat ini adalah membuat konten video di youtube dan konten-konten artikel untuk blog/website di blogger.com ataupun wordpress dan menghasilkan uang dari sana dengan cara memonetisasinya dengan mengikuti program afiliasi marketing dari Google Adsense. Anda akan mendapatkan bayaran dari setiap iklan yang muncul di konten-konten yang anda miliki di channel youtube ataupun di blog/website yang anda miliki.

3.  Menjual Stock Photo

Jika anda senang dengan fotografi dan suka mengabadikan momen-momen tertentu dengan perangkat smartphone anda, cobalah untuk menjual foto-foto hasil jepretanmu di beberapa platform seperti Shutterstock, iStock, 500px dan platform-platform lainnya.

Kamu hanya perlu mengabadikan gambar dan menguploadnya di platform-platform tersebut untuk mendapatkan uang. Kamu akan mendapatkan uang jika ada user yang tertarik dan ingin membeli foto anda untuk digunakan oleh para pembuat konten yang membutuhkan elemen visual tambahan.

Abadikanlah foto-foto yang ingin kamu hasilkan dengan tema ataupun topic-topic tertentu, seperti potret kehidupan jalanan ibu kota, wajah kota tua Jakarta dan sebagainya. Pastikan foto-foto yang kamu upload original dan memenuhi syarat-syarat dan ketentuan dari platform yang kamu pilih  untuk memasarkan foto-foto mu nantinya.

4. Membuat Ebook

Jika anda memiliki hobi menulis untuk membuat sebuah buku fiksi atau non-fiksi, anda dapat menjadikan hobi menulis tersebut untuk mendapatkan passive income. Anda menggunakan smartphone sebagai media untuk menampung semua tulisan-tulisan lalu mengemasnya dalam bentuk buku digital atau eBook.

Setelah eBook-nya selesai, langkah selanjutnya adalah mempublikasikannya melalui platform-platform penerbit buku-buku digital contohnya seperti Amazon KDP (Kindle Direct Publishing), NulisBuku, Google Play Books dan platform-platform lainnya ataupun anda bisa menerbitkannya di platform sendiri seperti menjual eBook anda di website wordPress dengan menggunakan plugin seperti Sell Digital Downloads.

5. Trading Saham

Mungkin anda pernah menonton film “The Wolf of Wall Street” dimana orang-orang pada zaman tersebut dimana perlu mengunjungi pasar bursa dan seharian memantau pergerakan naik-turun harga saham dari sebuah layar besar seharian penuh sampai pasar bursa tutup.

Tentunya hal tersebut berbeda dengan zaman sekarang yang teknologinya sudah berkembang jauh. Sekarang anda bisa memulai investasi dengan cara trading saham dan mendapatkan passive income hanya dengan menggunakan sebuah perangkat smartphone. Hampir semua sekuritas di Indonesia saat ini sudah mempunyai aplikasi-aplikasi yang dapat membantu dan mempermudah anda untuk melakukan aktivitas trading dari perangkat smartphone yang anda gunakan saat ini dengan bantuan jaringan internet tentunya.

 

Sekian dulu artikel Budak Duit Indonesia kali ini mengenai “5 Cara Mendapatkan Passive Income Dari Smartphone”. Semoga artikel kali ini dapat menjadi referensi dan membantu anda untuk mendapatkan passive income pertama anda dari perangkat smartphone yang anda miliki. Tinggalkan pesan dan komentar positif jika anda merasa terbantu dan suka dengan artikel kali ini. Terima kasih sudah membaca!.