Aplikasi Untuk Membuka Link Google Drive

Aplikasi Untuk Membuka Link Google Drive

Aplikasi Untuk Membuka Link Google Drive – Google Drive adalah layanan penyimpanan file berbasis cloud yang disediakan gratis oleh Google. Layanan ini bisa anda gunakan untuk menyimpan dan berbagi file dengan para pengguna lain. Untuk menggunakannya yang pasti anda harus mempunyai akun atau email Google terlebih dahulu. Dikarenakan penyimpanan ini berbasis cloud, maka anda ataupun orang lain dapat mengakses file yang tersimpan melalui smartphone, tablet ataupun PC yang terhubung dengan jaringan internet.

Dengan Google Drive anda bisa menyimpan berbagai file seperti Dokumen (Word, Excel, Power Point), Gambar, Video, Text dan sebagainya dan membagikannya ke orang lain. Untuk membagikan file yang tersimpan agar bisa diakses oleh orang lain, anda cukup melampirkan atau mengirimkan link penyimpanan tersebut. Nantinya orang lain bisa mengakses file tersebut dengan link yang anda kirim.

Lalu bagaimana cara untuk membuka link Google Drive melalui aplikasi?.

 

Aplikasi Untuk Membuka Link Google Drive

Berikut ini aplikasi yang bisa digunakan untuk membuka link Google Drive di berbagai perangkat mobile ataupun dekstop secara online.

1. Aplikasi Drive

Jika anda ingin membuka link Google Drive dengan mudah dan cepat di perangkat smartphon Android atau IOS. Anda bisa mencoba mendownload dan menggunakan aplikasi Drive. Aplikasi ini tersedia secara gratis dan bisa anda download di Google Playstore ataupun App Store untuk IOS. Ukuran aplikasi ini pun terbilang kecil, akan tetapi sangat bermanfaat bagi anda yang sudah berbagi file video, dokumen, gambar, lagu dan sebagainya melalui link.

Anda hanya perlu membuka aplikasi Drive di perangkat smartphone anda. Upload file yang ingin anda bagikan. Setelah itu anda bisa menggunakan fitur shared untuk membagikan link file ke aplikasi lain, seperti Whatsapp, Telegram, Instagram dan sebagainya dalam bentuk template pesan. Ataupun anda bisa mengcopy link file lalu melakukan paste pada pesan yang ingin anda kirimkan untuk berbagi file.

2. Browser (Mozila, Internet Explorer, Firefox, Opera)

Cara selanjutnya untuk membuka link google drive adalah melalui aplikasi browser yang terinstall di perangkat PC atau smartphone. Anda hanya perlu mendownload aplikasi browser tersebut dan menginstalnya terlebih dahulu. Jika sudah “Tap” atau “Klik” aplikasi browser tersebut lalu input link google drive yang ingin anda buka.

 

Jadi ada dua aplikasi yang umum bisa anda gunakan untuk membuka link Google Drive. Yang membedakan adalah jika anda menggunakan smartphone atau tablet, disarankan untuk menggunakan cara pertama atau via aplikasi Drive. Sedangkan jika anda menggunakan PC atau Desktop, anda disarankan untuk membuka link tersebut via browser.

Lalu bagaimana cara membuka link Google Drive tidak bisa diakses?

 

4 Cara Membuka Link Google Drive yang Tidak Bisa Diakses

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa anda lakukan jika tidak bisa membuka atau mengakses suatu file yang dibagikan melalui link Google Drive.

1. Mengirim Permintaan Akses

Jika muncul halaman yang berisikan informasi “You need access” saat mengakses link. Artinya pemilik file tersebut belum memberikan akses izin kepada anda. Jika hal tersebut terjadi anda bisa mencoba langkah-langkah berikut:

  1. Buka kembali halaman link yang tidak bisa diakses oleh anda.
  2. Klik tombol “Request Access”. Dimana permintaan akses tersebut akan dikirimkan oleh pemilik file.
  3. Tunggu permintaan akses disetujui atau di approve oleh pemilik file. Agar lebih cepat, anda bisa menghubungi langsung pemilik file tersebut untuk segera memberikan akses yang dikirimkan ke email dia.
  4. Jika akses sudah diberikan, maka akan muncul notifikasi email bahwa anda sudah diizinkan untuk membuka file tersebut melalui aplikasi Drive atau via browser.
  5. Buka tautan link google drive yang ada di email tersebut dan selamat anda sudah bisa mengaksesnya.

2. Gunakan Email Yang Tepat

Saat ini kebanyakan orang-orang memiliki lebih dari satu akun email, baik itu akun email untuk pribadi maupun akun email yang dibedakan khusus untuk pekerjaan dan sebagainya. Contohnya file-file yang berhubungan dengan pekerjaan tentunya hanya bisa diakses menggunakan email kantor saja dan tidak bisa dibuka dengan email pribadi.

Adapun beberapa langkah yang bisa dilakukan jika salah menggunakan email untuk mengakses link Google Drive adalah sebagai berikut:

  1. Jika muncul peringatan bahwa anda tidak memiliki akses terhadap file yang ada di link tersebut. Anda bisa mengecek terlebih dahulu apakah email yang anda gunakan sudah sesuai atau tidak.
  2. Anda bisa mengeceknya dengan cara mengklik icon Gmail yang ada di pojok kanan atas pada tampilan halaman browser.
  3. Pilih alamat email yang sesuai, atau anda bisa menambahkan email yang memiliki akses jika belum ada.
  4. Jika sudah login dengan akun Gmail yang tepat, anda bisa mencoba untuk mengakses link Google Drive tersebut kembali.

3. Clear Cache

Jika masih belum bisa juga atau anda termasuk orang yang sering menggunakan Google Drive untuk aktivitas sehari-hari. Bisa saja ada kemungkinan bahwa data cache yang tersimpan di dalam browser sudah terlalu banyak. Tumpukan cache tersebut bisa saja mengganggu kinerja dari browser yang anda gunakan. Jadi sangat disarankan untuk anda agar menghapus cache browser terlebih dahulu.

Berikut langkah-langkah untuk melakukan clear cache atau menghapus cache browser di PC atau Desktop:

  1. Buka halaman browser kosong atau belum terinput link sama sekali.
  2. Tekan tombol “CTRL + SHIFT+ DEL” secara bersamaan di keyboard yang anda gunakan sampai muncul pop-up “Clear Browser Data”.
  3. Langkah selanjutnya pilih “Time Range: All Time”, lalu centang “Cached images and files” setelah itu klik tombol “Confirm”.
  4. Tunggu sampai proses clear cache selesai.
  5. Jika sudah anda bisa mencoba kembali untuk mengakses link Google Drive kembali.

Bagi anda yang membuka link Google Drive menggunakan aplikasi pada perangkat smartphone atau tablet. Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka smartphone atau tablet anda lalu cari icon aplikasi Drive.
  2. Tekan icon aplikasi tersebut dan jangan dilepas sampai muncul pop-up.
  3. klik “App Info”.
  4. Tap tulisan “Storage Usage”.
  5. Lalu tap kembali “Clear cache” untuk menghapus cache yang tersimpan pada aplikasi.
  6. Tunggu proses clear cache aplikasi Drive selesai. Jika sudah close halaman tersebut.
  7. Akses kembali seperti biasa aplikasi Drive untuk memastikan bahwa link sudah bisa diakses dengan normal.

4. Update Versi Browser Atau Aplikasi Drive

Versi browser atau aplikasi yang telah usang terkadang membuat kita tidak bisa mengakses file di dalam yang ada di GDrive. Langkah untuk memecahkan masalah tersebut tentunya kita harus melakukan update ke versi terbaru terlebih dahulu.

Jika anda menggunakan browser Google Chrome PC atau Desktop tentunya anda bisa melakukan update dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka browser Google Chrome anda.
  2. Klik icon “Titik Tiga” yang ada di pojok kanan atas browser.
  3. Klik pilihan “About Chrome”.
  4. Tunggu proses pengecekan versi. Anda bisa klik tombol “Update” untuk mendownload dan menginstall secara otomatis versi browser google chrome terbaru.
  5. Jika sudah tutup browser tersebut dan coba buka kembali.

Bagi anda yang menggunakan aplikasi Drive, anda bisa melakukan update  dengan cara mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi “Google Play Store”
  2. Cari aplikasi “Drive” pada pencarian.
  3. Klik tombol “Update” untuk melakukan pembaharuan aplikasi Drive di perangkat mobile anda.
  4. Tunggu sampai proses update selesai.
  5. Jika sudah anda bisa membuka kembali aplikasi tersebut.

Sekedar catatan, pastikan anda memiliki jaringan internet yang stabil untuk melakukan download dan install update terbaru dari browser atau aplikasi yang digunakan untuk membuka link Google Drive.

 

Kesimpulan

Google Drive saat ini masih menjadi platform berbagi file via cloud yang banyak digunakan saat ini. Kemudahan akses dan jangkauan luas membuat orang sering menggunakan platform ini untuk berkolaborasi atau mengerjakan suatu pekerjaan dalam satu file secara bersamaan.

Selain itu GDrive juga sering digunakan orang-orang untuk menyimpan file-file besar seperti Video, Gambar, Software dan sebagainya agar mudah disimpan dan diakses oleh beberapa orang dimana saja.

Akan tetapi perlu diperhatikan agar selalu bijak untuk menggunakan platform ini secara bijaksana dan tidak menyimpan file-file terlarang atau ilegal. Dikarenakan bisa saja akun gmail anda dibanned atau bisa saja terjerat hukum yang lebih serius jika file tersebut berisi konten-konten berbahaya, berisi konten dewasa, Film bajakan dan sebagainya yang melanggar hukum.

 

Demikianlah artikel kali ini dari situs Budak Duit Indonesia yang membahas tentang “Aplikasi Untuk Membuka Link Google Drive”. Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat bagi anda para pengguna Gdrive dan kesulitan untuk mengakses link yang berisikan file tertentu. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page