Fakta Menarik Tentang Bitcoin (BTC)

Fakta Menarik Tentang Bitcoin (BTC) – Tidak ada yang bisa memungkiri bahwa Bitcoin (BTC) masih menjadi cryptocurrency termahal saat ini. Akan tetapi taukah anda fakta-fakta menarik tentang aset crypto termahal saat ini?.

 

Fakta Menarik Tentang Bitcoin (BTC)

Pada artikel kali ini Budak Duit Indonesia sudah merangkum beberapa fakta menarik yang belum diketahui orang banyak tentang Bitcoin (BTC). Adapun fakta-fakta menariknya adalah sebagai berikut:

1. Polemik Penemu Bitcoin 

Menurut informasi yang didapatkan dari wikipedia dan referensi dari beberapa website lainnya, bahwa bitcoin ditemukan dan dibuat oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2009. Akan tetapi sampai saat ini masih banyak spekulasi yang beredar mengenai siapa kreator asli penemu bitcoin itu sendiri. Banyak pihak yang mengklaim bahwa dirinyalah sang kreator bitcoin sesungguhnya.

Craig Wright seorang entrepreneur dari Australia pada tahun 2016 silam pernah muncul dan mengaku sebagai creator asli dari bitcoin, hingga ditelusuri lebih lanjut dan terungkap bahwa klaimnya sebagai kreator bitcoin adalah sebuah kebohongan publik dan terakhir ada kabar bahwa Craig Wright dituntut oleh rekan bisnisnya David Kleiman dengan tuduhan mencuri bitcoin miliknya.

Hingga saat ini kreator bitcoin hingga kini masih misterius dikarenakan Satoshi Nakamoto yang pada mulanya disebut-sebut sebagai kreator bitcoin membantahnya sebagai orang yang menemukan bitcoin.

2. Transaksi Pertama Bitcoin Di Dunia

Seorang programmer yang bernama Laszlo Hanyecz pernah membeli beberapa Pizza dengan total nilai mencapai 10.000 Bitcoin. Transaksi tersebut merupakan transaksi pertama dimana bitcoin digunakan sebagai alat tukar untuk melakukan pembelian seperti halnya penggunaan uang konvensional pada umumnya. Seperti yang kita tahu, harga bitcoin saat ini berkisar Rp.527.052.000/Bitcoin (16/01/2021).

3. Hanya Tersedia 21 juta Bitcoin Untuk Seluruh Dunia

Bitcoin dirancang dan dibuat dalam jumlah yang terbatas, yaitu hanya bisa mencapai 21 juta bitcoin saja di dunia. Setelah jumlah bitcoin di seluruh dunia sudah mencapai 21 juta bitcoin, maka dipastikan tidak ada bitcoin lagi yang dapat dihasilkan dari mining. Diprediksikan bitcoin akan mengalami kenaikan yang cukup signifikan saat bitcoin tersebut mencapai limit nya dan disertai permintaan yang banyak. Diprediksikan total 21 juta Bitcoin di seluruh dunia akan terpenuhi pada tahun 2140 dan tidak ada lagi bitcoin yang bisa di mining atau ditambang.

4. Peredaran dan Transaksi Bitcoin Di Kendalikan Siapapun

Bisa dibilang perubahan harga dari bitcoin murni karena ada supply dan demand yang mengakibatkan harga bitcoin itu sendiri cukup liar dalam hal kenaikan dan penurunan dari value bitcoin itu sendiri. Tidak seperti mata uang konvensional pada umumnya, yang produksi dan peredaran mata uangnya diatur dan dikendalikan oleh bank sentral maupun pemerintah, tidak ada satu institusi pun di dunia yang mengontrol bitcoin. Sehingga tidak menutup kemungkinan ada celah kriminal dan pencucian uang pada transaksi bitcoin.

5. Legal Atau Ilegal?

Di Indonesia sendiri Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) satu suara dalam pelarangan transaksi menggunakan bitcoin. Berdasarkan Pasal 34 huruf a Peraturan BI 18/2016, Bank Indonesia melarang Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran untuk melakukan pemrosesan terhadap seluruh transaksi pembayaran dengan menggunakan virtual currency (termasuk Bitcoin). 

Merujuk peraturan dari Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga melarang lembaga jasa keuangan atau lembaga untuk memanfaatkan dan memasarkan mata uang digital atau virtual currency  dalam hal ini bitcoin itu sendiri, dikarenakan tidak adanya legalitas dari pihak Bank Indonesia.

Kesimpulan

Dari 5 fakta-fakta bitcoin diatas  diatas dapat kita simpulkan, bahwa :

  • Jangan panik dan tergesa-gesa saat harga bitcoin turun
  • Karena jumlah bitcoin yang terbatas, harganya cenderung akan terus mengalami kenaikan
  • Berhati-hatilah dalam setiap transaksi bitcoin
  • Tidak ada lembaga yang bertanggung jawan jika terjadi kehilangan karena ditipu atau di hack ataupun kerugian dari transaksi bitcoin itu sendiri
  • Carilah fakta dan informasi dari isu-isu seputar bitcoin
  • Manfaatkan dengan baik saat harga bitcoin mengalami penurunan yang drastis
  • Jualah kembali saat harga bitcoin tersebut mengalami kenaikan
  • Jangan mudah percaya dari isu-isu negatif yang beredar

 

Sekian dulu artikel Budak Duit kali ini mengenai “Fakta Menarik Tentang Bitcoin (BTC)”, semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan dan referensimu jika kamu tertarik atau ingin tahu tentang investasi cryptocurrency. Terima kasih sudah membaca.

error: Content is protected !!