Mengenal Apa Itu DigixDAO (DGD) Cryptocurrency

Gambar DigixDAO (DGD) Cryptocurrency

Mengenal Apa Itu DigixDAO (DGD) Cryptocurrency – Saat ini teknologi blockchain hanya digunakan sebagai alasan belaka untuk membuat token baru dan mendapatkan keuntungan dari dana besar. Hanya sedikit pengembang yang memikirkan orang-orang dan membuat platform stabil yang dapat membuat segalanya lebih mudah dikelola.

DigixDAO (DGD) hadir untuk menjadi pembeda, dimana sistem yang mereka ciptakan untuk menegakkan kepemilikan, dalam kasus khusus ini adalah kepemilikan Emas. Dengan komunitas yang solid, mereka benar-benar ingin menumbuhkan ekosistem yang sedang mereka kembangkan.

Untuk mengenal lebih jauh tentang aset cryptocurrency ini, anda bisa cek ulasannya pada artikel berikut.

 

Apa Itu DigixDAO (DGD)?

DigixDAO adalah Digix Decentralized Autonomous Organization (DAO) dimana sekelompok orang yang berusaha menumbuhkan Ekosistem Global Digix. Sekelompok orang tersebut membeli token DGD pada saat ICO pertamanya di blockchain Ethereum.

Proyek ini menyediakan infrastruktur untuk membuat token yang didukung oleh aset fisik di blockchain, yaitu Emas atau Gold. Intinya, ini memungkinkan verifikasi publik atas keberadaan aset melalui rantai pengawasannya melalui protokol Proof of Provenance (PoP), yang memanfaatkan jaringan Ethereum dan Sistem File Antarplanet (IPFS).

Digix juga menawarkan API yang memungkinkan aplikasi lain dibangun di atas layanan tokenisasi asetnya. Digix memiliki 2 cryptocurrency, Digix Gold (DGX) dan DigixDAO (DGD). Perusahaan dilaporkan mendapatkan emasnya dari penyulingan yang disetujui LBMA. Untuk keamanan, Digix menyertakan audit pihak ketiga dari Bureau Veritas.

 

Sejarah DigixDAO

Digix dimulai di Singapura pada tahun 2014 dan setelah hanya dua tahun merilis token DGD. Token DGD didistribusikan melalui crowdsale signifikan yang berlangsung selama satu bulan. Digix mengumpulkan 5,5 juta USD hanya dalam 12 jam.

Setelah beberapa waktu, pada tahun 2017, DigixDAO menghadapi situasi yang sangat buruk. Keamanan mereka dilanggar, dan lebih dari 4000 token DGD dicuri. Namun, mereka segera menemukan bug dan membangun kembali tempat mereka sekali lagi.

Selama krisis di tahun 2018, ketika semua harga cryptocurrency lainnya turun drastis, hanya DigixDAO yang benar-benar berhasil meningkat lebih dari 60% .

Sekali lagi pada tahun 2018, mereka merilis peluang investasi emas tokenized mereka untuk pengguna dan mengambil risiko yang cukup besar.

 

Fitur Utama DigixDAO

Salah satu fitur atau keunggulan penting DigixDAO adalah berinvestasi di dalamnya; orang benar-benar dapat berinvestasi dalam emas. Sebagian besar orang berinvestasi dalam emas karena stabilitasnya di pasar. Namun proses penyimpanannya bisa menyulitkan.

Dengan bantuan DigixDAO, mereka dapat memanfaatkan situasi ini secara efisien dengan berinvestasi emas tanpa khawatir. Dengan kata lain, DigixDAO bertanggung jawab untuk mendiversifikasi cryptocurrency dan memberi mereka nilai fisik aktual untuk membantu orang.

 

Keunikan DigixDAO (DGD)

Tujuan utama DigixDAO adalah untuk menciptakan mata uang kripto baru yang hanya didukung oleh Gold itu sendiri.

Pemegang token DGD akan bertanggung jawab untuk membuat keputusan terkait komunitas ini. Untuk berpartisipasi, mereka akan mendapatkan hadiah berdasarkan pilihan dan voting mereka. Hadiahnya sebagian besar adalah token DGX.

Token ini juga mewakili 1 gram emas. Menggunakan emas sebagai token membantu menstabilkan pasar dan memberi banyak nilai di ruang cryptocurrency. Untuk mendistribusikan token DGX yang mewakili 1g emas, Digix menggunakan Proof of Asset (PoA).

DigixDAO juga memastikan untuk menggunakan stabilitas pasar emas dan menambahkan likuiditas ekstra ke dalamnya.

 

Apa Itu Token DGD?

Token DGD adalah token yang akan memberikan para penggunanya akses ke lapisan otoritas ekstra atas sistem DigixDAO. Anda akan dapat memutuskan bagaimana dana DigixDAO dapat dialokasikan. Selain itu, Anda dapat secara aktif mengelola atau berpartisipasi dalam proposal apa pun yang dikirimkan ke DigixDAO.

Nah, ada beberapa kebingungan mengenai poin reward. Pada awalnya, Digix awalnya menyatakan bahwa mereka akan memberikan token DGX sebagai hadiah atas partisipasi anggota DGD. Tapi setelah keributan, mereka menyatakan itu bukan sumber pendapatan pasif.

Sebagai gantinya, mereka akan mendapatkan pengurangan tarif DGX atau mengurangi biaya penyimpanan untuk token DGX yang sudah ada.

Ada 2 juta token DGD yang ada dengan 15% dialokasikan untuk pengembang. Namun, jika DigixDAO membutuhkan lebih banyak dana dan mayoritas peserta setuju, maka crowdsale token DGD lainnya dapat dilakukan.

Pasokan token DGX akan tergantung pada permintaan emas dan ukuran brankas mereka. Vault pertama yang dikerjakan Digix dapat menampung emas senilai sekitar 2 miliar USD, jadi jika standar emas DGX yang baru menjadi populer, mereka perlu memperluas ke lebih banyak vault.

 

Berapa Harga Token DGD?

Pada saat artikel ini dibuat, harga dari satu token DGD adalah $615.84 USD dengan volume perdagangan 24 jam sebesar $14.240.35 USD. Dalam daftar peringkat cryptocurrency, saat ini DigixDAO (DGD) berada di urutan ke-577 dengan nilai kapitalisasi pasar sebesar $46.500.518 USD.

Adapun jumlah pasokan token DGG yang sudah beredar adalah sebanyak 75.508 token.

 

Dimana Bisa Membeli Token DGD?

Anda dapat membelinya dari bursa utama seperti Huobi dan Binance. Anda harus memperdagangkannya dengan ETH atau BTC, dan kedua bursa ini memiliki beberapa pasangan perdagangan yang bagus untuk pelanggan mereka.

DGX tersedia untuk dibeli di pasar Digix. Anda dapat membelinya dengan Eter.

 

Cara Menyimpannya

Dompet apa pun yang mendukung token Ethereum akan dapat menyimpannya. Sayangnya, mereka tidak memiliki dompet sendiri untuk saat ini. Jadi, Anda harus menggunakan dompet Ethereum apa pun. Namun, Anda dapat mencoba meletakkan MyEtherWallet dan imToken untuk menyimpannya.

 

Sekian dulu pembahasan kali ini mengenai DigixDAO (DGD) Cryptocurrency. Semoga artikel ini bisa membantu anda untuk mengenal dan memahami aset komoditas kripto lebih jauh lagi. Terima kasih sudah membaca.