Apa Itu Crypto Faucets?

Gambar Crypto Faucets

Bagi anda para investor atau pegiat cryptocurrency pasti akan bertemu dengan istilah “Crypto Faucets”. Istilah tersebut merujuk kepada pemberian hadiah berupa koin kripto secara “gratis”. Gratis yang dimaksud adalah anda tetap mengorbankan sesuai tapi bukan uang. Anda harus mengorbankan waktu anda, keahlian anda dan sebagainya untuk mendapatkan koin kripto tanpa perlu membelinya menggunakan mata uang flat.

Lalu apa sebenarnya itu Crypto Faucets? Untuk pembahasan lebih lengkap anda bisa cek ulasan artikel berikut ini.

 

Apa Itu Crypto Faucets?

Crypto Faucets adalah sistem reward berupa aset cryptocurrency yang dibuat untuk menghargai orang-orang yang telah menyelesaikan tugas-tugas tertentu. Biasanya anda dapat menemui sistem semacam ini di beberapa situs dan aplikasi smartphone.

Anda bisa mendapatkan reward berupa koin kripto setelah menyelesaikan tugas-tugas yang berikan oleh penyelenggara. Biasanya tugas-tugas yang diberikan tidak membutuhkan skill atau pengetahuan umum yang luas. Dalam beberapa contoh anda hanya perlu mengisi survey, melakukan pendaftaran akun di beberapa platform, bermain game, menulis review, membuat konten, menyelesaikan captcha dan sebagainya.

Crypto Faucets mengambil filosofi keran air, dimana kita bisa mengontrol air yang keluar, baik itu banyak ataupun sedikit.

Misalnya dalam kasus faucet Bitcoin, pembayaran diberikan dalam Satoshi, atau seperseratus juta Bitcoin = 0,000000001 BTC.

Setiap tugas yang anda selesaikan memperoleh sejumlah kecil koin kripto yang akan di transfer ke dompet kripto yang anda gunakan. Semakin banyak tugas yang anda selesaikan dan semakin banyak waktu yang ada habiskan, maka semakin banyak juga koin kripto yang bisa anda dapatkan.

 

Bagaimana Cara Kerja Crypto Faucets?

Crypto Faucets bekerja dengan cara penyelesaian tugas-tugas sederhana yang ditujukan oleh para peserta yang ingin mendapatkan koin kripto gratis. Sebuah situs atau aplikasi penyelenggara akan menentukan besaran hadiah yang diberikan beserta pembatasan waktu bagi peserta untuk dapat mengklaim hadiah.

Untuk dapat berpartisipasi, biasanya para peserta diwajibkan untuk memiliki akun crypto faucets beserta dengan dompet kripto sebagai tempat untuk menampung koin kripto yang didapatkan nantinya. Setelah itu para peserta bisa login dan melihat daftar tugas yang tersedia untuk diselesaikan beserta dengan reward yang bisa didapatkan. Jika tugas sudah diselesaikan, maka mereka akan mendapatkan mendapatkan hadiah yang secara otomatis ditransfer ke dompet yang mereka daftarkan.

 

Apa Saja Crypto Faucets Yang Populer Dan Menghasilkan?

Berikut ini beberapa Crypto Faucets yang menawarkan aset kripto gratis kepada para penggunanya.

1. Bitcoin Faucet

Bitcoin Faucets adalah sebuah situs atau aplikasi yang  memberikan sejumlah kecil koin BTC untuk menyelesaikan tugas-tugas sederhana. Mereka merupakan pelopor pertama kali konsep pemberian hadiah berupa aset kripto. Tujuan awalnya ialah ingin memperkenalkan Bitcoin dan adopsi cryptocurrency dan ternyata itu berhasil seperti yang kita lihat sekarang ini.

Keberhasilan tersebut diikuti dengan beberapa cryptocurrency populer lainnya dengan mengusung konsep yang sama.

2. Ethereum Faucet

Faucet Ethereum mulai memberi pengguna Ether untuk menyelesaikan tugas yang berbeda. Beberapa opsi faucet populer yang memberikan koin ETH kepada para penggunanya diantaranya adalah:

  • Ethereum-faucet.org menawarkan token ETH untuk memecahkan captcha dan aktivitas lainnya
  • Allcoins.pw adalah faucet crypto lain yang menawarkan fitur miner dan auto-faucet bersama dengan beberapa game.
  • Fire Faucet memberi Anda token ETH, untuk penambangan browser dan menyelesaikan captcha.
  • Dutchy CORP adalah portal faucet Ethereum lain yang membantu Anda mendapatkan hadiah dengan memecahkan captcha dan bermain game.

3. Faucet Litecoin

Beberapa faucet populer yang memberikan token LTC kepada pengguna untuk serangkaian tugas yang perlu dilakukan di portal mereka adalah:

  • Moon Litecoin menawarkan LTC gratis kepada pengguna yang menyelesaikan banyak tugas. Penggunaan dompet mikro Coinpot.co untuk menyimpan hadiah kecil yang diperoleh pengguna.
  • Fire Faucet adalah faucet lain yang membayar Anda Litecoin selain BTC dan cryptocurrency lainnya selama Anda memegang Auto Claim Points (ACP). Untuk mendapatkan ACP gratis, Anda harus mendaftar di situs web. Faucet akan berjalan secara otomatis hingga ACP Anda habis. Anda dapat memperoleh lebih banyak ACP melalui kotak hadiah dan dengan melakukan tugas-tugas seperti mengunjungi tautan pendek, mengklik iklan, dll.

4. Faucet Monero

Demikian juga, ada beberapa faucet populer untuk memberikan token Monero

  • Monerofaucet.info memungkinkan Anda memperoleh antara 0,000005 hingga 0,025 token Monero per hadiah, yang dapat diklaim setiap 1 jam.
  • Express Faucet juga memungkinkan Anda untuk mengklaim hadiah hingga 0,00042754 XMR setiap empat jam. Faucet juga memiliki permainan lotere yang dapat Anda mainkan untuk mendapatkan Monero gratis tambahan jika Anda menang.

Untuk contoh faucet lainnya, seseorang dapat mengunjungi faucetdump.com , yang menawarkan untuk menampung 420 faucet untuk 48 cryptocurrency yang berbeda.

5. Dogecoin Faucet

Faucet Dogecoin telah populer sejak cryptocurrency meme pertama kali ditemukan pada tahun 2014. Faucet ini mendistribusikan Dogecoin (DOGE). Karena DOGE memiliki nilai yang sangat rendah, porsi koin yang lebih besar dapat keluar dari faucet. Ketika satu DOGE bernilai sepersekian sen, faucet akan mendistribusikan 1 atau 5 DOGE sekaligus.

 

Bagaimana Masa Depan Crypto Faucets?

Masa Depan Crypto Faucets mungkin masih sama seperti yang sudah berjalan sampai saai ini. Konsep ini tentunya sangat bermanfaat sekali bagi orang-orang yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan dari cryptocurrency. Selain itu orang-orang baru akan lebih tertarik untuk mengenal aset cryptocurrency dan mulai investasi pertama mereka.

Selain itu sejumlah kecil cryptocurrency yang berhasil dikumpulkan mungkin saja akan mengalami lonjakan harga yang cukup signifikan di masa depan. Hal itu tentunya cukup baik bagi orang-orang yang ingin mencari penghasilan di samping pekerjaan utama mereka.

 

Kesimpulan

Crypto Faucets memberikan cara baru untuk seseorang yang ingin mendapatkan cryptocurrency secara gratis. Selain itu konsep ini membawa dan memperkenalkan adopsi cryptocurrency dan ekosistemnya kepada orang-orang yang baru atau ingin mengenal aset kripto. 

Sekian dulu artikel kali ini dari situs Budak Duit Indonesia yang membahas tentang apa itu Crypto Faucets. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih sudah membaca.