5 Tips Menghemat Listrik Di Kost

5 Tips Menghemat Listrik Di Kost

5 Tips Menghemat Listrik Di Kost – Meninggalkan kota tempat tinggal asal dikarenakan alasan pekerjaan ataupun pendidikan tentunya mengharuskanmu untuk mencari tempat tinggal sementara. Menyewa sebuah kamar kost menjadi pilihan kebanyakan orang untuk menghemat biaya.

Selain adanya biaya sewa bulanan, kebanyakan pihak kost-kostan juga membebankan biaya listrik yang dipakai kepada penghuni kost. Biaya listrik tersebut terkadang bisa menggembung jika kita tidak tahu cara untuk menghemat listrik.

Dengan belajar menghemat biaya listrik tentunya akan menghemat juga biaya bulanan yang anda keluarkan. Sehingga anda bisa menabung atau berinvestasi dari uang sisa bulanan tersebut.

5 Tips Menghemat Listrik Untuk Anak Kost Agar Tagihan Listrik Tidak Membengkak

Pada artikel kali ini Budak Duit Indonesia akan coba membahas beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk menghemat biaya listrik yang kamu keluarkan saat menyewa sebuah kamar kost-kostan.

1. Mematikan Lampu

Mematikan lampu saat tidak kita gunakan adalah hal sepele yang sering diabaikan oleh kita. Membiarkan lampu terus menyala bisa jadi salah satu penyebab tagihan listrik membengkak.

Budayakan kebiasaan mematikan lampu saat pencahayaan cukup, saat bepergian meninggalkan kamar kost ataupun saat tidur dimalam hari pun anda bisa coba untuk mematikan lampu kamar kost.

Jika ingin hemat lagi kamu bisa mencoba untuk mengganti lampu yang saat ini kamu gunakan dengan lampu LED yang hemat energi.

2. Kurangi Pemakaian AC

Menghemat AC bisa jadi salah satu hal yang sulit dilakukan oleh penghuni kost di kota-kota yang beriklim panas, contohnya kota jakarta. Akan tetapi jika kamu tidak bijak menggunakannya, AC bisa menjadi penyumbang terbesar untuk tagihan token listrik bulananmu.

Gunakanlah AC saat kamu benar-benar merasa sangat kegerahan, ataupun kamu bisa menggunakan kipas angin sementara untuk menghilangkan gerah.

 

3. Cabut Colokan Yang Menumpuk Di Stok Kontak

Terkadang kita terlalu malas untuk mencabut colokan pada stop kontak, baik itu colokan Hp, Laptop ataupun perangkat elektronik lainnya yang tidak digunakan saat ini.

Perlu kamu ketahui berbagai kabel yang tercolok di stop kontak akan tetap mengalirkan listrik walaupun sedang tidak digunakan sekalipun. Oleh karena itu cabutlah colokan dari stop kontak jika kamu sudah selesai menggunakannya untuk meringankan beban listrik yang harus kamu keluarkan.

 

4. Cas Laptop & Handphone Di Tempat Kerja Atau Tempat Kuliah

Untuk lebih berhemat lagi, kamu bisa memanfaatkan sumber listrik yang ada disekitarmu. Kamu bisa men cas laptop atau handphone yang gunakan di area kerja atau tempat kuliah sebelum pulang ke kost-an.

Biasanya laptop yang terisi penuh dalam kondisi pemakaian normal bisa bertahan 3-6 jam an dan handphone bisa bertahan seharian dalam penggunaan biasa. Jadi kamu tidak melakukan mengecas lagi jika sudah sampai di kostan, jadi kamu bisa menghemat lebih.

5. Perhatikan Konsumsi Listrik Barang Elektronik

Bicara soal menghemat, tentunya kamu harus lebih teliti lagi soal konsumsi listrik dari perangkat elektronik yang kamu gunakan saat ini, ataupun perangkat elektronik yang ingin kamu beli nanti nya.

Carilah atau gunakanlah perangkat elektronik yang memiliki watt kecil. Dengan watt yang kecil otomatis konsumsi listrik yang dibutuhkan perangkat itu untuk menyala, menjadi sedikit juga. Dengan konsumsi listrik yang kecil tentunya akan membantumu untuk menekan biaya listrik yang kamu keluarkan.

 

Berhemat termasuk hal yang bisa dilakukan semua orang untuk menekan biaya yang harus dikeluarkan tiap bulannya. Dengan berhemat tentunya bisa membuatmu mendapatkan uang lebih untuk dialokasikan ke tabungan ataupun berinvestasi. Dengan berhemat juga akan membantu kondisi finansialmu menjadi lebih baik lagi dari sebelum nya.

Sekian dulu artikel dari Budak Duit Indonesia kali ini yang membahas beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menghemat listrik jika saat ini kamu menyewa sebuah kost-kostan. Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi anda yang sedang ingin berhemat. Anda bisa tinggalkan pesan dan komentar jika merasa suka dan terbantu dengan artikel kali ini. Terima kasih sudah membaca!.