Perbedaan ShopeePay Dan Shopee Paylater

Perbedaan ShopeePay Dan Shopee Paylater – ShopeePay dan Shopee Paylater merupakan dua metode pembayaran yang ditawarkan oleh Shopee Marketplace. Kedua metode pembayaran tersebut dapat anda gunakan ketika belanja di aplikasi Shopee untuk kemudahan melakukan pembayaran atau pelunasan. Salah satu keuntungan menggunakan metode pembayaran tersebut adalah adanya promo-promo menarik seperti gratis ongkir, potongan harga ataupun cashback.

Bagi anda yang penasaran dan ingin tahu tentang apa itu ShopeePay dan Shopee Paylater serta perbedaannya. Anda bisa cek ulasannya pada artikel berikut ini.

 

Apa itu ShopeePay?

ShopeePay adalah layanan dompet dan uang elektronik yang diciptakan sebagai metode pembayaran di aplikasi Shopee. Dengan ini anda bisa melakukan pembayaran secara langsung di aplikasi secara langsung. Hal ini tentunya mempermudah para pengguna aplikasi untuk melakukan pembayaran tanpa perlu ke atm, transfer ataupun menggunakan aplikasi pembayaran lainnya.

Layanan ShopeePay bisa langsung anda gunakan jika anda sudah menginstall aplikasi Shopee dan memiliki akun. Setelah itu anda hanya perlu melakukan top up saldo ke akun ShopeePay anda melalui berbagai macam metode top up yang tersedia. Jika sudah maka anda hanya tinggal berbelanja dan menggunakan metode pembayaran ini untuk kemudahan melakukan checkout order anda di aplikasi.

ShopeePay sendiri menawarkan beberapa manfaat yang bisa anda rasakan saat berbelanja di Shopee ataupun di aplikasi lainnya. Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa didapatkan, diantaranya adalah:

  1. Untuk melakukan pembayaran di aplikasi Shopee secara langsung (tanpa perlu membuka aplikasi lain).
  2. Mendukung pembayaran untuk merchant atau aplikasinya dengan adanya QRIS Shopee.
  3. Menggunakan ShopeePay untuk merchant offline atau online bisa mendapatkan promo berupa cashback dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Biasanya saya melakukan topup Bibit ataupun Indodax menggunakan ShopeePay untuk mendapatkan cashback berupa `Shopee Coin.
  4. Mendukung penggunaan Cashless, yaitu sebagai pembayaran digital dan dompet digital.
  5. Jika anda melakukan pengembalian dana atau refund dari seller di aplikasi Shopee, maka dana tersebut akan masuk ke akun ShopeePay anda.
  6. Saat berbelanja di Shopee menggunakan ShopeePay, anda bisa mendapatkan keuntungan berupa gratis ongkir, cashback hingga discount.
  7. Kemudahan top up yang didukung oleh berbagai metode pembayaran (Transfer Bank, Virtual Account, Mobile Banking dan sebagainya).
  8. Dana atau saldo yang sudah masuk ke ShopeePay bisa dicairkan kembali atau ditransfer ke rekening bank ataupun dompet digital lainnya (berlaku jika sudah melakukan verifikasi identitas).
  9. Free biaya admin jika ingin menarik atau memindahkan saldo rekening Seabank ataupun sebaliknya.

Sebenarnya masih banyak lagi kemudahan dan promo-promo menarik lainnya bagi anda ketika menggunakan ShopeePay. Apalagi bagi anda yang sering berbelanja di aplikasi Shopee rasanya wajib untuk menggunakan metode pembayaran ini untuk manfaat yang lebih maksimal.

 

Cara Daftar ShopeePay

Berikut ini langkah-langkah untuk aktivasi ShopeePay agar bisa menggunakan metode pembayaran ini. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Download aplikasi Shopee di Google Play Store ataupun App Store.
  2. Buka aplikasi Shopee dan lakukan registrasi akun Shopee. Jika anda sudah memiliki akun sebelumnya, anda hanya perlu login saja.
  3. Klik menu “ShopeePay”.
  4. Baca “Syarat dan Ketentuan” yang berlaku, jika setuju maka klik “Saya Setuju”.
  5. Setelah itu klik “Aktifkan Sekarang /Atur ShopeePay” untuk melanjutkan proses aktivasi.
  6. Pilih kemana kode verifikasi tersebut akan dikirimkan, tunggu beberapa saat kode verifikasi dikirimkan.
  7. Saat sudah menerima kode verifikasi, input kode tersebut ke aplikasi Shopee, lalu klik“Lanjut”.
  8. Atur 6 digit PIN ShopeePay anda. PIN ini nantinya akan berguna sebagai kode keamanan dalam melakukan transaksi, jadi pastikan selalu dirahasiakan.

Untuk memanfaatkan fitur dan manfaat yang lebih besar seperti fitur transfer saldo dan limit nominal saldo yang bisa ditransfer, anda bisa melakukan verifikasi akun ShopeePay menggunakan dokumen pendukung seperti KTP/KITAS. Untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Shopee, lalu masuk ke halaman “Saya” dan pilih “ShopeePay”.
  2. Klik “Verifikasi Sekarang”. Masukkan info KTP/KITAS (satu KTP/KITAS hanya bisa terdaftar pada satu akun Shopee). Unggah foto KTP/KITAS. Pastikan pas foto dan data KTP/KITAS terlihat jelas.
  3. Unggah foto diri beserta KTP/KITAS. Pastikan wajah dan kartu identitas jelas dan terlihat secara menyeluruh.

Jika sudah verifikasi akun ShopeePay, maka anda sudah bisa melakukan transfer saldo ke dompet digital lain ataupun rekening bank lainnya. Jadi saldo yang sudah anda top up sebelumnya ke ShoopePay bisa anda cairkan kembali sewaktu-waktu diperlukan. Selain itu limit nominal saldo yang bisa anda top up atau transfer jauh lebih besar dibandingkan akun yang tidak melakukan verivikasi dengan kartu identitas atau KTP.

 

Apa Itu Shopee Paylater?

Dikutip dari halaman resmi Shopee, Shopee Paylater adalah metode pembayaran dimana para penggunanya bisa membeli barang terlebih dahulu lalu membayarnya di waktu yang sudah ditentukan. Skema ini mirip dengan fitur pinjaman atau cicilan yang disediakan oleh PT Commerce Finance di aplikasi Shopee.

Shopee Paylater bisa mempermudah para pengguna aplikasi yang ingin memiliki atau membeli barang tertentu tapi tidak memiliki dana cash atau malas untuk melakukan top up saldo Shopee Pay. Dengan metode pembayaran ini anda bisa melakukan pembayarannya nanti setelah anda mendapatkan barang yang anda beli dengan pilihan metode satu kali bayar atau cicilan bulanan. Anda bisa menentukan berapa lama anda mencicil yang bisa disesuaikan dengan kemampuan finansial anda.

Akan tetapi perlu diingat ada beban bunga yang perlu anda bayarkan tiap bulannya jika menggunakan Shopee Paylater. Selain itu ada juga biaya denda keterlambatan yang mesti anda bayarkan jika telat melakukan pembayaran cicilan tagihan yang jatuh tempo.

Adapun beberapa kemudahan yang ditawarkan oleh Shopee Paylater, diantaranya adalah:

  1. Kemudahan transaksi pembayaran dalam aplikasi Shopee dengan metode pinjaman atau cicilan setelah barang yang anda beli diterima.
  2. Promo-promo menarik seperti free biaya admin, potongan biaya bunga, gratis ongkir, cashback, discount dan sebagainya.
  3. Kemudahan registrasi, hanya perlu dokumen berupa KTP.
  4. Terdaftar dan diawasi oleh OJK.
  5. Limit awal sebesar 750.000 dan bisa meningkat sesuai dengan kesehatan kredit dan pembayaran anda.

Perlu anda ketahui hanya beberapa akun terpilih saja yang bisa menikmati layanan Shopee Paylater ataupun para pengguna setia yang akunnya sudah berumur lebih dari 6 bulan keatas. Selain itu Shopee Paylater tidak dapat digunakan untuk berbelanja produk digital seperti pulsa, tagihan listrik dan sejenisnya, jadi murni limit yang ada hanya untuk berbelanja barang.

 

Bagaimana Cara Mengaktifkan Shopee Paylater?

Shopee Paylater hanya dapat diaktifkan dan digunakan oleh para pengguna aplikasi Shopee yang memenuhi syarat saja. Jika akan anda memenuhi syarat, biasanya akan ada notifikasi di aplikasi bahwa anda berhak untuk mengaktifkan dan memenuhi syarat untuk menggunakan fitur dan layanan dari Shopee Paylater.

Berdasarkan informasi yang didapatkan dari situs resminya dan beberapa referensi. Berikut ini beberapa syarat yang perlu anda penuhi untuk menikmati layanan dari Shopee Paylater:

  • Memiliki akun Shopee yang terdaftar dan sudah melakukan verifikasi kartu identitas (KTP/KITAS)
  • Akun Shopee yang dimiliki sudah berumur minimal tiga bulan keatas
  • Memiliki riwayat transaksi yang baik
  • Sering digunakan untuk berbelanja dan aktif

Pastikan aplikasi Shopee anda sudah paling terupdate untuk mendapatkan notifikasi dan memiliki riwayat yang baik (tidak ada tunggakan hutang di aplikasi lain ataupun bank).

 

Apa Perbedaan ShopeePay dan Shopee Paylater?

Perbedaan yang paling mencolok adalah ShopeePay bersifat cash sedangkan Shopee Paylater berbentuk pinjaman yang bisa dicicil. Selain itu para pengguna Shopee Paylater akan dibebankan biaya bunga sehingga jika di total mereka harus mengeluarkan uang lebih banyak dibandingkan dengan menggunakan ShopeePay.

Para pengguna Shopee Paylater tetap bisa berbelanja di aplikasi Shopee selama masih ada limit dan ShopeePay selama masih ada saldo. Dari segi penggunaan, ShopeePay bisa digunakan pada merchant atau aplikasi lain yang mendukung pembayaran via QRIS. Sedangkan untuk Shopee Paylater saat ini hanya bisa digunakan pada aplikasi Shopee saja.

ShopeePay dapat digunakan langsung setelah anda menginstal aplikasi Shopee dan membuat akun. Sedangkan Shopee Paylater bisa digunakan untuk akun tertentu yang sudah memenuhi persyaratan, seperti umur akun, sering berbelanja ataupun ditunjuk langsung oleh pihak Shopee.

 

Kesimpulan

Baik ShoopePay ataupun Shopee Paylater menawarkan kemudahan dan promo menarik kepada para pengguna aplikasi Shopee dibandingkan menggunakan metode pembayaran lain yang tersedia. Sebagai contoh jika anda tidak bisa menikmati layanan gratis ongkir ketika berbelanja di aplikasi Shopee jika menggunakan metode pembayaran transfer atau m-banking.

ShopeePay dapat anda gunakan sebagai layanan pembayaran secara cash dan juga dompet digital. Sedangkan Shopee Paylater dapat anda gunakan ketika anda ingin membeli barang tertentu secara mendesak tapi tidak memiliki dana cash saat ini. Ataupun anda bisa menggunakannya untuk membeli barang yang tidak bisa anda beli secara cash tapi menyanggupi untuk dicicil.

Sebenarnya menggunakan kedua metode pembayaran tersebut ketika berbelanja di aplikasi Shopee atau merchant lainnya sah-sah saja. Akan tetapi akan lebih baik disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan finansial anda.

 

Sekian dulu artikel kali ini dari Budak Duit Indonesia yang membahas tentang perbedaan ShopeePay Dan Shopee Paylater. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan terima kasih sudah membaca.

Leave a Comment

You cannot copy content of this page