8 Ciri Kondisi Finansial Kamu Sehat

8 Ciri Kondisi Finansial Kamu Sehat

8 Ciri Kondisi Finansial Kamu Sehat – Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat mengungkapkan bahwa 1 dari 5 orang karyawan mengalami stres di tempat kerja bukan karena tekanan pekerjaan, akan tetap dikarenakan masalah keuangan. Stress tersebutlah yang menjadi salah satu penyebab menurunnya produktivitas kerja karyawan di suatu perusahaan.

Banyak karyawan perusahaan yang saat ini kesulitan untuk mengelola keuangannya karena kurangnya financial intelligence , sehingga mereka kesulitan mengatur keuangan termasuk dengan menjalani gaya hidup yang sesuai pendapatannya mereka.

Financial intelligence adalah suatu pengetahuan dan keterampilan untuk dapat mewujudkan kondisi finansial atau keuangan yang sehat.

Kondisi finansial suatu karyawan bisa dikatakan telah sehat secara finansial apabila karyawan tersebut sudah mampu mengelola penghasilan nya dan cukup untuk memenuhi kebutuhan saat ini maupun di masa depan. Selain itu mereka juga dapat mengelola hutang dengan baik, memiliki dana darurat yang dapat digunakan dalam kondisi darurat pribadi, memiliki dana pensiun untuk jaminan hari tua, dan tangguh saat menghadapi krisis finansial

8 Ciri Kondisi Finansial Kamu Sehat Yang Perlu Diketahui

Berikut ini adalah ciri-ciri bahwa kondisi finansial kamu sedang berada dalam kondisi yang sehat atau tidak.

1. Memiliki Pemasukan dan Pengeluaran Dengan Rasio Positif

Salah satu ciri bahwa kondisi finansial atau keuangan anda sehat ialah dimana pemasukan dan pengeluaran memiliki rasio yang positif. Rasio positif adalah dimana anda memiliki pemasukan yang lebih besar daripada pengeluaran, sehingga surplus tersebut bisa anda alokasikan ke pos-pos yang lain seperti menabung, investasi, dana darurat ataupun menyiapkan dana pensiun.

Akan tetapi jika rasionya negatif dimana pengeluaran lebih besar dari pendapatan, artinya ada yang salah dengan pengelolaan keuangan saat ini. Apalagi jika hal tersebut membuat tabungan anda tergerus secara terus menerus. Jika hal itu terjadi sebaiknya kamu lakukan evaluasi terhadap pengelolaan finansial mu saat ini dan memperbaikinya sesegera mungkin.

2. Mempunyai Tujuan Finansial atau Keuangan

Dengan mempunyai tujuan finansial tentunya kamu akan tau dan lebih fokus dengan apa yang ingin kamu capai ataupun wujudkan dimasa depan, seperti dana pernikahan, membeli rumah, tabungan haji dan sebagainya. Hal tersebut juga akan membuat kamu lebih disiplin dan termotivasi dalam mengelola keuangan saat ini.

Salah satu ciri kondisi finansial sehat adalah memiliki tujuan finansial yang jelas. Ditambah lagi jika tujuan-tujuan finansial tersebut tercapai satu-persatu. Sudah pasti hal-hal tersebut menjadi pertanda bahwa kondisi keuanganmu saat ini sudah menuju kearah yang lebih baik dan sehat.

3. Mampu Melunasi Hutang

Setiap orang yang sedang dalam tahap awal level finansial, mau tidak mau pasti pernah berhutang atau memiliki hutang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Hal tersebut sah-sah saja selama kamu bisa dengan rutin melunasi kewajibanmu dengan lancar, karena hal tersebut juga salah satu tanda kondisi keuanganmu sehat.

Kondisi finansial akan terlihat membaik dan jauh lebih sehat apabila dari waktu ke waktu hutang yang kamu miliki semakin sedikit dan bahkan tidak berhutang sama sekali. Itu berarti bisa menjadi tanda bahwa kamu sedang menuju semakin dekat ke tahap kebebasan finansial.

4. Mampu Memenuhi Segala Kebutuhan Hidup

Setiap manusia pasti memiliki kebutuhan hidup sehari-hari yang wajib dipenuhi, baik itu kebutuhan primer, sekunder ataupun tersier. Kita akan termotivasi tentunya untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut untuk mewujudkan hidup layak dan sejahtera. Jika kondisi keuangan kita sehat, tentunya kita tidak akan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut dan bahkan tidak perlu berhutang.

Selain itu selain bisa memenuhi kebutuhan saat ini, tentunya kita juga memiliki kebutuhan yang harus dipenuhi di masa depan, seperti dana darurat ataupun dana pensiun agar di hari tua nanti kita dapat menjalani hidup yang nyaman dan aman tanpa takut dihantui oleh masalah finansial di masa depan nantinya.

5. Memiliki Dana Darurat

Memiliki dana darurat juga bisa menjadi salah satu ciri-ciri bahwa kondisi finansial sehat. Dengan adanya dana darurat menunjukan bahwa kamu mampu mengelola pemasukan dan pengeluaran sehingga mendapatkan rasio surplus, dimana surplus tersebut bisa kamu alokasikan ke pos dana darurat.

Dana darurat sendiri berbeda dengan tabungan ataupun dana pensiun. Dana darurat adalah dana yang kita siapkan dan bisa kita gunakan jika sewaktu-waktu kita membutuhkan nya dalam kondisi mendesak dan bisa dicairkan saat itu juga. Dana darurat bisa kamu siapkan dari waktu ke waktu dengan menyisipkan beberapa pendapatmu dengan rutin ke pos tersebut sampai mencapai proporsi dana darurat yang ideal.

6. Memiliki Proteksi

Memiliki proteksi baik itu asuransi kesehatan ataupun jikwa bisa jadi tanda bawah keuangan berada dalam kondisi sehat sehat. Kedua asuransi tersebut wajib anda miliki selagi masih di dalam usia produktif. Pastikan juga kamu mengikutsertakan seluruh anggota keluarga untuk memiliki asuransi kesehatan jika memungkinkan. Seperti yang kita tahu biaya yang dikeluarkan jika jatuh sakit bisa sangat mahal dan bisa saja menguras tabungan yang anda miliki saat ini.

7. Berinvestasi Secara Rutin

Saat kondisi finansial atau keuangan kamu sehat, tentunya kamu sudah berinvestasi secara rutin setidaknya 10%-30% dari penghasilan setiap bulan. Dengan berinvestasi tentunya banyak keuntungan yang kamu dapatkan, mulai dari pendapatan passive, mengembangkan aset yang dimiliki, mencapai tujuan jangka panjang dan sebagainya.

8. Memiliki Dana Pensiun

Setiap orang tentunya akan semakin tua dan meninggalkan usia produktif menuju masa pensiun. Masa pensiun adalah dimana kita sudah tidak aktif bekerja seperti dahulu lagi dan cenderung untuk lebih banyak menghabiskan waktu dirumah dikarenakan kondisi fisik kita tidak mendukung lagi dikarenakan faktor kesehatan dan usia. Jika kondisi keuanganmu sedang baik dan berada didalam masa produktif, menyiapkan dana pensiun sedari dini adalah hal bijak yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan hari tua yang nyaman dan aman, tanpa takut dengan masalah finansial yang melilit atau menjadi beban untuk keluarga yang lebih muda.

Untuk memperoleh kondisi finansial yang sehat adalah tentunya kita harus memiliki skill dan pengetahuan yang baik dalam mengelola finansial maupun keuangan. Mulai dari pengelolaan pendapatan, menabung, berinvestasi, menyiapkan dana darurat hingga dana pensiun.

 

Sekian dulu artikel dari Budak Duit Indonesia kali ini. Semoga artikel kali ini bisa membantu anda dan menambah wawasan anda tentang pengelolaan keuangan atau finansial dan mencapai kondisi finansial yang sehat tentunya. Anda bisa tinggalkan pesan dan komentar jika merasa suka dan terbantu dengan artikel kali ini. Terima kasih sudah membaca!.