Gambar Logo Casper (CSPR) Cryptocurrency

Mengenal Apa Itu Casper (CSPR) Cryptocurrency

Casper adalah sebuah platform yang diciptakan dengan tujuan untuk meningkatkan adopsi teknologi blockchain untuk perusahaan dan pengembang. CSPR Coin adalah token utilitas utama untuk ekosistem Casper. Pada saat artikel ini dibuat, aset cryptocurrency ini berada di harga $0,026044 USD untuk tiap koinnya. Sedangkan dalam daftar peringkat di situs CoinMarketCap, saat ini berada di urutan ke-148 dengan nilai kapitalisasi pasar sebesar $134,474.795 USD.

Bagi anda yang ingin tahu lebih lanjut tentang apa itu Casper (CSPR) cryptocurrency. Anda bisa cek reviewnya pada artikel kali ini.

 

Apa Itu Casper (CSPR) Cryptocurrency?

Screenshot Website Casper (CSPR)
Screenshot Website Casper (CSPR)

Casper (CSPR) adalah blockchain live proof-of-stake (PoS) pertama yang dibangun dari spesifikasi Casper CBC. Diluncurkan di mainnet pada 30 Maret 2021, Casper Network mengklaim dirinya sebagai blockchain proof-of-stake (PoS) terdesentralisasi yang hemat energi.

Platform ini berupaya meningkatkan kontrak pintar dan memperluas adopsi DApp dan teknologi blockchain secara keseluruhan. Casper mengatakan bahwa pihaknya membidik produk Web3 dengan meningkatnya permintaan akan layanan yang intuitif dan saling berhubungan.  Platformnya dibangun untuk memenuhi kebutuhan perusahaan dan pengembang.

Dibandingkan dengan Bitcoin, Casper menggunakan metode konsensus proof-of-stake (PoS) untuk skalabilitas dan manajemen basis data sambil menggunakan lebih sedikit energi untuk operasi.

Ini dirancang untuk terus meningkatkan dirinya sendiri untuk memenuhi permintaan pengguna, termasuk akses mudah ke pengembang dari latar belakang yang berbeda.

 

Siapa Pendiri Casper?

Medha Parlikar, Co-Founder dan CTO

Medha adalah salah satu pendiri CasperLabs dan menjabat sebagai CTO-nya. Dia mulai bekerja dengan teknologi di awal 80-an, membangun komputer di ruang bawah tanahnya. Sejak itu, dia telah mengirimkan perangkat lunak SaaS produksi selama dua dekade terakhir untuk perusahaan besar seperti Adobe, Omniture, dan Avalara. Selain kemahiran teknisnya, kekuatan Medha termasuk membangun tim teknis yang berfungsi tinggi dan menginspirasi mereka untuk memberikan solusi yang memecahkan masalah pelanggan.

Mrinal Manohar, Co-Founder dan CEO

Mrinal memiliki karir yang luas baik sebagai programmer komputer dan profesional keuangan. Sebelum mendirikan Casper, Mrinal adalah Principal dan Kepala Sektor Teknologi/Media/Telecom di Sagard Capital, Private Equity Associate di Bain Capital, dan Associate Consultant di Bain & Company. Selain kontribusi profesionalnya pada industri blockchain, Mrinal telah secara pribadi berinvestasi di sektor ini sejak 2012 sebagai investor benih di Ethereum, Blockstack, Basis, Maker, Filecoin, dan banyak lagi.

 

 

Bagaimana Cara Kerja Casper (CSPR)?

Dengan konstruksi correct-by-construction (CBC) Casper, node peer yang membangun konsensus (validator) menghasilkan dan meneruskan pesan untuk mencoba dan mencapai konsensus pada blok yang baru dibuat. Pengusul blok memilih satu set transaksi yang tertunda dan menyertakan hash transaksi dalam satu blok: ini adalah blok proto. Konsensus dijalankan dan blok diselesaikan.

Setelah diselesaikan, node validator mengeksekusi semua transaksi di blok dan memperbarui status internalnya. Validator kemudian mengirim tanda tangan finalitas yang menunjukkan bahwa mereka telah selesai mengeksekusi blok, menambahkan blok ke rantai linier dan memperbarui status internal mereka.

Sejak peluncuran mainnet Casper pada Maret 2021, jaringan telah ditingkatkan dengan lima rilis. Tim terus memberikan peningkatan fitur sebagai tanggapan atas permintaan dari komunitas dan Asosiasi Casper. Rilis mendatang termasuk “sinkronisasi cepat” dalam rilis 1.5 — yang memungkinkan node baru untuk bergabung dengan jaringan tanpa memutar ulang blok dari Genesis.

Pada tahun 2022, Casper Ecosystem akan ditingkatkan untuk mendukung Casper 2.0 — rilis ambisius yang bermaksud untuk menyediakan beberapa fitur skalabilitas termasuk (tetapi tidak terbatas pada) Highway 3.0, fitur DeFi sisi host serta kontrak yang dapat mempertaruhkan jaringan dan membayar untuk pelaksanaan kontrak cerdas.

Ekosistem Casper selalu memprioritaskan keamanan dan ketahanan di atas segalanya, dan peta jalannya adalah cerminan dari hal ini.

 

Apa Yang Membuat Casper (CSPR) Berbeda?

Spesifikasi Correct-by-Construction (CBC) inovatif Casper memungkinkan adopsi cepat layanan blockchain di semua tingkat perusahaan. Keunikannya terletak pada desain bukti dengan kontrak pintar yang dapat diupgrade dan biaya gas yang dapat diprediksi untuk transaksi. Pendekatannya yang terdesentralisasi membantu penerapannya dalam berbagai kasus penggunaan.

Selain itu Casper dan token CSPR adalah hasil penelitian bertahun-tahun oleh CasperLabs. Perlu diketahui, CasperLabs hadir untuk menyediakan layanan dan dukungan tingkat perusahaan untuk organisasi yang dibangun di Jaringan Casper, serupa dengan bagaimana Red Hat mendukung organisasi yang dibangun dalam ekosistem Linux.

Berkat pengalaman unik tim dalam menjalankan layanan di organisasi perangkat lunak perusahaan seperti Adobe, Avalara dan Google, CasperLabs secara unik siap untuk mengangkat Casper sebagai blockchain de facto untuk semakin banyak organisasi perusahaan yang ingin membangun di lingkungan Web3, tetapi membutuhkan lebih banyak dedikasi tingkat dukungan daripada yang dimungkinkan dari proyek sumber terbuka dan terdesentralisasi.

 

Apa Itu CSPR Coin?

Gambar CSPR Coin
Gambar CSPR Coin

CSPR Coin adalah cryptocurrency utama yang menggerakkan ekosistem Casper. Crytocurrency ini melayani banyak peran dalam jaringan, salah satunya adalah digunakan sebagai hadiah untuk menghargai Validator PoS. Selain itu CSPR juga digunakan para penggunanaya untuk berinteraksi dan mendapatkan layanan dan mengakses fitur-fitur dari Casper. Misalnya, semua biaya dan hadiah dibayarkan dalam CSPR. Token juga memainkan peran penting dalam tata kelola komunitas jaringan.

 

Berapa Banyak Koin CSPR yang Beredar?

Adapun Pasokan sirkulasi awal koin CSPR adalah sebagai berikut:

  • 400 juta CSPR dirilis dari tahap Penjualan Publik Casper yang diperdagangkan secara bebas di Coinlist .
  • Sekitar 183 juta CSPR disediakan sebagai likuiditas ke bursa
  • Porsi seigniorage diperkirakan akan dialokasikan ke token yang dirilis di atas hingga saat ini. Nomor ini diperbarui secara real time saat seigniorage dikeluarkan.

Tahap tambahan CSPR diadakan oleh berbagai peserta ekosistem, termasuk operator Validator Node, Casper Foundation, Tim dan Penasihat, DAO yang bertanggung jawab atas Insentif Pengembang dan CasperLabs AG, seperti yang ditunjukkan pada bagan di bawah ini.

CSPR tidak memiliki suplai koin yang dibatasi yang artinya koin ini akan dicetak sesuai dengan permintaan. Saat artikel ini dibuat, sudah sebanyak 5.163.555.893 koin CSPR yang beredar.

 

DImana Bisa Membeli Koin CSPR?

CSPR tersedia untuk diperdagangkan di sejumlah bursa yang terus bertambah, dengan sejumlah pasangan perdagangan stablecoin yang saat ini tersedia. Huobi Global saat ini merupakan platform paling aktif untuk perdagangan CSPR, dan pertukaran lain yang tersedia meliputi:

  • OKX
  • MEXC
  • Gate.io
  • Huobi Global
  • ZB.COM
  • OKEx
  • Coinlist Pro

 

Kesimpulan

Casper menunjukkan keinginan pengembang untuk menyediakan bisnis dengan solusi turnkey untuk integrasi blockchain. Jaringan ini memungkinkan perusahaan untuk memberikan lebih banyak efisiensi dan keamanan untuk praktik bisnis mereka. Dengan demikian, Casper mengisi ceruk pasar yang berharga yang pasti akan melihat peningkatan permintaan dalam beberapa bulan mendatang.

 

Demiakianlah artikel kali ini dari situs Budak Duit Indonesia yang membahas tentang apa itu Casper (CSPR) Cryptocurrency. Jika anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai aset ini, anda dapat mengunjungi beberapa tautan link berikut:

  • Website: https://casper.network/
  • Telegram: https://t.me/casperofficialann
  • Twitter: https://twitter.com/Casper_Network
  • Discord: https://discord.com/invite/casperblockchain
  • Whitepaper Casper: https://casper.network/network/developers/getting-started

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page