Cara Meningkatkan CPC Blog Google Adsense

7 Cara Meningkatkan CPC Blog Untuk Google Adsense

7 Cara Meningkatkan CPC Blog Untuk Google Adsense – Para blogger tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah CPC atau Cost Per Click. CPC sendiri merupakan salah satu model perhitungan dalam program afiliasi salah satunya Google Adsense. Semakin besar CPC suatu blog tentunya akan berimbas kepada peningkatan penghasilan yang didapatkan oleh blogger atau pemilik blog.

Oleh karena itu pada artikel kali ini situs Budak Duit Indonesia akan memberikan informasi tentang cara meningkatkan CPC untuk blog yang sudah dimonetisasi Google Adsense.

 

Apa Itu CPC (Cost Per Click)?

CPC adalah metode perhitungan pendapatan yang didapatkan setiap kali ada pengguna yang mengklik iklan yang tampil. Jumlah yang didapatkan setiap kliknya pun berbeda-beda dari setiap pengiklannya dan juga tergantung pada apa yang mereka iklankan.

Berikut ini adalah contoh perhitungan CPC rata-rata:

Contohnya hari ini anda mendapatkan 2 klik iklan, dimana iklan pertama seharga Rp.1000 per kliknya dan iklan kedua dihargai Rp.2000 per kliknya. Maka CPC yang anda dapatkan adalah Rp.1000 + Rp.2000 (pendapatan ikan) dibagi 2 (jumlah klik iklan). Dari perhitungan tersebut maka CPC rata-rata yang yang anda dapatkan adalah Rp.1500 untuk tiap kliknya.

Sedangkan untuk melihat penghasilan harian yang anda dapatkan dari Google Adsense, anda mengalikan cpc rata-rata dengan jumlah klik harian. Contohnya dari case diatas maka akan mendapatkan penghasilan sebesar Rp.1500 dikali 2, yaitu Rp. 3000

 

Jadi dapat disimpulkan penghasilan yang anda akan lebih besar jika blog atau website yang anda kelola memiliki jumlah klik iklan banyak dan CPC yang besar.

Jika blog yang anda kelola sudah terdaftar dalam program afiliasi Google Adsense. Anda dapat melihat CPC rata-rata, jumlah klik, pendapatan harian dan sebagainya pada halaman Dashboard.

 

7 Cara Meningkatkan CPC Blog Atau Website Google Adsense

Screenshot Dashboard Google Adsense
Screenshot Dashboard Google Adsense

Berikut ini beberapa cara yang bisa anda aplikasikan untuk meningkatkan CPC blog Atau website yang terdaftar di Google Adsense dengan tujuan untuk meningkatkan penghasilan harian.

1. Kualitas Konten

Cara meningkatkan CPC blog yang pertama tentunya adalah meningkatkan kualitas konten-konten yang ada posting. Pengiklan tentunya akan berani membayar mahal untuk beriklan di konten-konten yang berkualitas dan sesuai dengan produk atau jasa yang mereka jual.

Tentunya blog dengan konten tentang investasi, asuransi, perbankan, pengembangan diri dan sebagainya akan memiliki nilai yang relatif mahal. tentunya hal tersebut akan berpengaruh terhadap CPC yang didapatkan nantinya setiap ada pembaca atau pengunjung yang mengklik iklan yang ditayangkan.

Selain itu konten yang berkualitas tentunya harus original, kaya akan teks disertai dengan gambar ilustrasi yang relevan dan struktur penulisan yang terstruktur. Jika konten anda benar-benar berkualitas dan diatas standar, maka para pengiklan tidak akan ragu untuk memberikan penawaran tinggi untuk beriklan di konten atau blog yang anda kelola dan berimbas pada peningkatan CPC untuk setiap kliknya.

2. Penempatan Iklan

Penempatan iklan yang tepat tentunya akan memaksimalkan jumlah klik yang anda dapatkan nantinya. Usahakan tempatkan banner-banner iklan pada tempat yang terlihat oleh pembaca tetapi tidak mengganggu mereka saat mengakses konten yang mereka cari. Kesalahan umum dari beberapa blogger adalah mereka sering kali menempatkan iklan yang cenderung menutupi konten atau mengganggu pengunjung dalam mengakses konten. Hal tersebut tentunya lebih cenderung membuat pengunjung pergi dari situs anda ketimbang mengakses konten lainnya.

Oleh karena itu bijaklah dalam menempatkan iklan di blog atau website anda untuk peningkatan pengalaman pengguna agar mereka betah dan suka untuk mengakses konten lainnya. Hal tersebut tentunya bisa memperbesar peluang klik iklan yang tampil.

3. Jumlah Iklan

Perlu anda ketahui sistem periklanan Google Adsense didasarkan pada sistem lelang. Para pengiklan atau advertiser berlomba-lomba untuk memberikan CPC yang tinggi untuk mendapatkan slot iklan pada blog atau website. Artinya konsep ini bergantung pada adanya permintaan dan penawaran. Singkatnya jika anda permintaan banyak dan penawaran sedikit, maka harga akan cenderung naik atau lebih mahal.

Jika anda memiliki blog dengan traffic yang banyak dan konten yang bagus, tentunya para pengiklan akan berlomba-lomba untuk mendapatkan slot iklan. Jadi semakin sedikit slot iklan yang anda tawarkan, maka akan pengiklan akan cenderung memberikan penawaran atau CPC yang tinggi untuk dapat beriklan di blog yang anda kelola.

 

4. Ukuran Iklan

Menurut Google, ukuran iklan juga mempengaruhi besar kecilnya CPC yang didapatkan suatu blog atau website. Dimensi iklan yang relatif besar dan efisien cenderung disukai oleh para advertiser.

Berikut ini rekomendasi ukuran iklan yang bisa anda tempatkan di blog yang anda miliki:

Ukuran IklanPlatformSaran Penempatan
336×280 large rectangleDesktop & mobileBebas
300×250 medium rectangleDesktopBebas
728×90 leaderboardDesktopHeader
300×600 half pageDesktop & mobileSidebar / antar paragraf
320×100 large mobile bannerMobileHeader / sticky

Selain melakukan ukuran iklan secara manual, anda juga bisa menggunakan iklan responsif yang bisa disesuaikan secara otomatis sesuai dengan layout blog anda.

 

5. Blokir Iklan Tidak Berkualitas

Google Adsense memberikan kesempatan kepada penayang iklan untuk menentukan iklan apa saja yang boleh tayang di blog mereka. Hal ini bisa anda manfaatkan untuk memblokir iklan-iklan yang tidak relevan atau tidak pantas. Memblokir iklan adalah salah satu cara meningkatkan CPC blog atau website Google Adsense.

Adapun beberapa jenis iklan yang direkomendasikan untuk di blokir adalah:

  • Iklan obat kuat atau pembesar
  • Iklan jasa santet, tuyul dan sebagainya
  • Iklan judi online
  • Iklan obat-obat terlarang atau obat tidak resmi

Iklan-iklan yang tidak berkualitas cenderung memiliki CPC yang rendah dan tentunya bisa merusak image dari blog yang anda kelola.

 

6. Optimasi SEO Blog

Optimasi SEO adalah langkah-langkah yang anda lakukan untuk meningkat peluang artikel anda muncul di halaman utama hasil pencarian google. Jika artikel-artikel yang anda buat sering muncul dalam pencarian google, tentunya blog anda bisa mendapatkan lebih banyak pengunjung organik dari Google.

Situs yang memiliki traffic yang banyak tentunya akan banyak di incar oleh para pengiklan dan mereka tidak segan untuk memberikan harga yang tinggi untuk bisa mendapatkan slot iklan di blog. Tentunya hal ini bisa berimbas pada peningkatan CPC dan jumlah klik harian anda. Bisa dibilang optimasi SEO adalah salah satu cara terampuh untuk meningkatkan CPC blog.

 

7. Riset Keyword

Sebelum membuat sebuah konten, anda bisa melakukan riset terlebih dahulu untuk menemukan keyword atau kata kunci yang memiliki nilai CPC yang tinggi. Nantinya anda bisa menempatkan keyword tersebut di dalam artikel yang anda buat untuk di posting pada blog yang anda kelola.

Saat ini sudah banyak sekali tools atau website untuk melakukan riset keyword beserta nilai CPC,beberapa tools untuk riset keyword diantaranya sebagai berikut:

  • Google Keyword Planner
  • Semrush
  • Google Search Console
  • KeywordTool.io
  • Ahrefs Keywords Explorer
  • Jaaxy
  • Soovle
  • neilpatel.com

Anda bisa menggunakan tools-tools yang disediakan untuk melakukan riset keyword baik secara gratis maupun berbayar.

 

Penutup

Meningkatkan CPC tidak bisa secara instan dan perlu dilakukan secara konsisten. Anda bisa melakukan riset secara terus menerus untuk meningkatkan pendapatan dari Google Adsense. Selalu konsisten untuk memposting artikel-artikel yang berkualitas dan original serta tidak menyerah jika hasil yang anda dapatkan belum sesuai dengan effort yang anda keluarkan.

Demikianlah pembahasan kali ini tentang “7 Cara Meningkatkan CPC Blog Untuk Google Adsense”. Tetap semangat untuk menjadi blogger berkualitas dan terima kasih sudah berkunjung ke situs Budak Duit Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page