Gambar Logo Balancer (BAL) Cryptocurrency

Apa Itu Balancer (BAL) Cryptocurrency?

Balancer (BAL) adalah cryptocurrency yang diciptakan pada jaringan Ethereum untuk mendukung Balancer Protocol. Ini adalah salah satu proyek Automated Market Makers yang diciptakan dengan tujuan untuk menghilangkan menghilangkan perantara dan mengatasi masalah likuiditas yang terbatas. Balancer adalah salah satu platform inovatif yang bertujuan untuk merevolusi cara orang berdagang.

Pada saat artikel ini dibuat, harga koin BAL adalah $4.54 USD. Crypto ini berada di peringkat ke-128 di situs CoinMarketCap dengan nilai kapitalisasi pasar sebesar$184,115,413 USD. Adapun jumlah koin yang sudah beredar sebanyak 40,562,063 BAL.

Bagi anda yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang apa itu Balancer (BAL). Anda bisa cek penjelasannya pada artikel dari Budak Duit Indonesia kali ini yang sudah dirangkum dari beberapa sumber.

 

Apa Itu Balancer (BAL) Cryptocurrency?

Screenshot Website Balancer (BAL)
Screenshot Website Balancer (BAL)

Balancer (BAL) adalah AMM yang bertujuan untuk menciptakan kolam likuiditas untuk menukar berbagai aset crypto. Ini beroperasi tanpa menggunakan pihak ketiga atau sistem terpusat. AMM adalah kumpulan algoritma yang menetapkan aturan perdagangan, seperti memfasilitasi pesanan dan menetapkan nilai aset.

Balancer adalah pertukaran terdesentralisasi yang dibangun di atas blockchain Ethereum. Ini memudahkan konsumen untuk menggunakan platform jika mereka memiliki dompet yang kompatibel , seperti MetaMask atau Coinbase, dan juga untuk berinvestasi di kumpulan yang sudah ada sebelumnya untuk mendapatkan hasil perdagangan. Sejak awal, Balancer telah menjadi salah satu bursa terdesentralisasi (DEX) paling populer dan aplikasi DeFi terbesar dalam hal volume perdagangan.

Ini menerapkan model AMM, bukan harga penawaran dan permintaan yang biasa diadopsi oleh sebagian besar sistem terpusat. Kombinasi elemen ini menghasilkan Balancer menjadi sistem terdesentralisasi yang mampu mengendalikan pasar. Platform lain yang mengikuti prinsip yang sama termasuk Uniswap dan Curve .

Balancer berbeda karena protokolnya dapat mendukung beberapa aset , tidak seperti Uniswap, yang hanya mendukung dua. Selain itu, ia memiliki biaya perdagangan yang telah ditentukan yang disepakati oleh pembuat kumpulan. Seperti banyak aplikasi DeFi, ia memiliki token BAL sendiri, memungkinkan pengguna untuk memilih, mengatur platform, dan mendapatkan token dengan menyediakan likuiditas ke jaringan.

 

Cara Kerja Balancer

Sebagai AMM, Balancer dapat mengevaluasi nilai suatu aset dengan membandingkannya dengan aset lain dan kumpulan likuiditas. Saat pengguna menambah atau menghapus aset dari kumpulan likuiditas, rasio segera berubah, mengakibatkan perubahan harga setiap aset. Seperti banyak jaringan AMM, Balancer dapat mengarahkan perdagangan dan menentukan persentase setiap token untuk menghitung harga aset bagi penggunanya . Swap bisa langsung (ETH ke BAL) atau tidak langsung (ETH>USDT>BAL).

Di bawah ini adalah tiga kolam yang berbeda:

  • Shared – Kumpulan ini terbuka untuk siapa saja yang bersedia memberikan likuiditas ke jaringan, menghapus atau menukar token. Selain itu, memiliki parameter tetap (biaya, jenis aset, dan bobot). Ini berguna bagi pelanggan dengan kepemilikan kecil yang ingin mendapatkan biaya dari kumpulan likuiditas paling populer.
  • Smart – Ini adalah jenis program khusus dari kumpulan yang diatur dan dikelola oleh kontrak pintar. Ini memastikan bahwa jaringan memiliki rasio aset digital yang benar terlepas dari mata uang digital yang digunakan. Selain itu, kemampuan ini memungkinkan fungsionalitas tambahan, seperti bobot atau pembuatan dana indeks yang mampu melacak portofolio properti.
  • Private – Dalam hal ini, hanya pemilik kumpulan yang dapat menambah atau menghapus likuiditas dan menentukan pengaturan seperti biaya, bobot, dan aset yang diterima. Kumpulan ini sangat ideal untuk pengguna dengan portofolio besar yang ingin mendapatkan bayaran atas aset digital mereka.

 

Pencipta Balancer Protocol

Balancer dimulai sebagai proyek penelitian di perusahaan konsultan perangkat lunak bernama Block Science pada tahun 2018, yang didirikan oleh Fernando Martinelli dan Mike McDonald.

Proyek ini kemudian secara independen mengumpulkan $3 juta dalam pendanaan sebagai Balancer Labs pada tahun 2020. Putaran ini melihat sekitar 5 juta token BAL dijual kepada investor dan 25 juta token diberikan kepada pemegang saham dan karyawan (dari total pasokan 100 juta token).

Tambahan 10 juta BAL disisihkan, dengan setengah dicadangkan untuk dana yang digunakan untuk kontributor ekosistem Balancer dan setengahnya dicadangkan untuk penjualan kepada investor masa depan.

 

Roadmap dan Development

11 Mei 2021 V2 : Balancer memperkenalkan peningkatan protokol v2, yang bertujuan untuk mengatasi masalah likuiditas DeFi karena menawarkan AMM umum. V2 memungkinkan agregat likuiditas dalam satu brankas, sehingga pengguna dapat menjaga keseimbangan internal token yang mereka pegang.

Tahun 2022 DAO : Karena keberhasilan awal mereka dengan fase protokol, Balancer sekarang akan fokus pada kerangka kerja DAO2DAO untuk menyediakan blok bangunan untuk platform lain untuk digunakan. Tim berharap untuk memperkuat ikatan Balancer dengan jaringan lain berdasarkan protokolnya.

 

Apa Itu BAL Coin?

Gambar Bal Coin Cryptocurrency
Gambar Bal Coin Cryptocurrency

BAL Coin adalah token Balancer asli yang dibangun di atas blockchain Ethereum dan sejenis standar ERC-20. BAL dapat mengatur protokol dan pengembangan Balancer, termasuk pemungutan suara pada proposal dan perubahan mendasar yang signifikan. Fitur ini membedakan Balancer dari protokol DeFi lainnya sebagai organisasi otonom terdesentralisasi (DAO) . Selain itu, menjamurnya penyeimbang di ruang DeFi telah mengakibatkan kebutuhan akan BAL di area selain pemungutan suara.

 

Tokenomics

Ketika Balancer muncul, itu tidak memiliki tokennya. Namun, pada 23 Juni 2020, perusahaan mulai merilis token aslinya .

Balancer awalnya mendistribusikan 25 juta token kepada pendiri, investor, dan pengembang utama, yang semuanya tunduk pada periode kepemilikan. Jumlah total BAL yang dialokasikan adalah 100 juta BAL.

5 juta disumbangkan ke ekosistemnya untuk mendukung pengembangan protokol dan 5 juta lainnya akan mendanai penggunaan di masa depan.

65 juta sisanya akan dialokasikan ke penyedia likuiditasnya, dengan 7,5 juta per tahun atau 145.000 BAL dirancang untuk ditambang dan diberikan setiap minggu.

Jaringan akan memasok 1,76 juta per tahun berdasarkan bagian penyedia likuiditas perusahaan.

Seperti yang dinyatakan, BAL untuk penyedia likuiditas adalah 145.000 setiap minggu. Ini menunjukkan bahwa 25% token asli yang ditetapkan akan melihat suplai inflasi 30% . Inflasi yang cepat ini harus meningkatkan hak tata kelola protokol penyeimbang untuk pengguna yang mendapatkan token ini.

Dengan tingkat pasokan mingguan 145.000 BAL, dibutuhkan delapan tahun yang baik untuk mencapai 65 juta BAL. Token saat ini memiliki total pasokan 35.725000 BAL , dimana 6.943.831 telah diedarkan.

Menurut CoinMarketCap, token ini berada di peringkat 394 dalam ruang mata uang digital , dengan harga $13 pada saat penulisan ini.

 

Apakah Balancer (BAL) Merupakan Investasi Yang Menguntungkan?

Balancer telah berkembang berkat integrasinya dengan bursa lain, termasuk Coinbase Pro, Binance , dan platform ICONOMI, dan kehadirannya di Gemini. Fitur yang lebih menarik yang telah meningkatkan minat pengguna pada Balancer adalah generalisasi fitur Kurva Ikatan Uniswap ke opsi permukaan multidimensi yang lebih maju. Fitur unik ini memungkinkan Balancer menyimpan lebih dari satu token, sedangkan Uniswap hanya dapat memiliki dua. Saat token mengembangkan popularitas, bursa lain diharapkan terbuka, memberi investor lebih banyak opsi untuk membelinya.

Jaringan ini telah membuat langkah signifikan, termasuk penggunaan token BAL untuk mengatur platform. Selanjutnya, BAL berfungsi sebagai hadiah atas upaya penggunanya untuk memasok likuiditas sekaligus melindungi mereka dari kerugian yang tidak permanen. Sama pentingnya, Balancer menyediakan alat portofolio self-balancing yang bekerja tanpa menimbulkan biaya manajemen portofolio. Strategi ini telah memberi jaringan ini keunggulan dibandingkan pesaingnya dan meningkatkan popularitas dan tingkat penerimaan token.

Dengan semua kemajuan yang telah dikerjakan oleh Balancer untuk membuat perdagangan lebih mudah bagi penggunanya, terbukti bahwa platform ini layak untuk diinvestasikan, meskipun Anda harus melakukan pekerjaan rumah Anda terlebih dahulu sebelum membuat keputusan.

 

Bagaimana Cara Membeli Balancer (BAL)?

Untuk berdagang di Balancer, Anda memerlukan dompet digital Web 3.0 seperti MetaMask . Ini adalah dompet digital dengan ekstensi browser yang menghubungkan aset digital Anda ke aplikasi terdesentralisasi seperti Balancer.

  1. Untuk memulai, Anda harus menavigasi ke situs web Balancer.
  2. Setelah berada di situs web, tidak diperlukan pendaftaran atau kenali pelanggan Anda (KYC). Yang perlu Anda lakukan hanyalah menghubungkan dompet MetaMask Anda, dan Anda siap untuk pergi.
  3. Pilih cryptocurrency yang ingin Anda beli atau jual dari menu drop-down. Ini dapat dicapai dengan memasukkan nama atau simbol dan melanjutkan ke langkah berikutnya.
  4. Jika Anda puas dengan pilihan nama mata uang Anda, masukkan jumlah yang ingin Anda jual atau beli.
  5. Saat memilih jumlah yang akan dipilih. Balancer akan memberi Anda banyak opsi, karena akan memfilter banyak kumpulan yang berisi token yang Anda minta. Saat Anda memilih, ingatlah bahwa semakin tinggi jumlah transaksi Anda, semakin banyak likuiditas yang dibutuhkan untuk mengisinya. Yang berarti slippage akan meningkat. Slippage adalah frase yang mengacu pada divergensi order selama proses perdagangan antara order dan eksekusi . Setelah ini selesai, Anda akan memiliki opsi untuk melihat slip yang diantisipasi atau bahkan menambahkan batas ekstra untuk membantu Anda mengelola pembayaran.
  6. Terakhir, klik “Swap”, dan MetaMask akan meminta Anda untuk mengkonfirmasi transaksi. Setelah itu, cryptocurrency yang Anda jual akan disembunyikan dari pandangan, dan pembelian token akan muncul.

Selain dari cara diatas, anda bisa mendapatkan Bal Coin dengan caranya membelinya secara langsung di beberapa marketplace crypto populer seperti

  • Binance
  • OKX
  • FTX
  • Bitget
  • MEXC
  • dan TokoCrypto

 

Kesimpulan

Balancer adalah salah satu pertukaran terdesentralisasi paling canggih yang tersedia di ruang DeFi. Jaringan ini mengembangkan fungsionalitas inovatif dan telah menciptakan koin BAL asli sendiri untuk membantu dalam tata kelola platform. Platform ini bermanfaat bagi investor yang mencari harga maksimum di bursa atau yang berniat menggunakan portofolio menganggur. Yang mengatakan, kolam pribadinya adalah pilihan yang sangat baik untuk investor skala besar dan manajer portofolio.

 

Demikianlah artikel kali ini dari situs Budak Duit Indonesia yang membahas tentang Balancer (BAL) cryptocurrency. Jika anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai aset ini, anda dapat mengunjungi beberapa tautan link berikut ini:

  • Website: https://balancer.finance/
  • Twitter: https://twitter.com/BalancerLabs
  • Discord: https://discord.gg/ARJWaeF
  • Whitepaper: https://balancer.finance/whitepaper/

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page